Produk Tetap Laku saat Pandemi? Ini Tips Sektor Usaha Penting di New Normal yang Harus Kamu Tahu

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Sabtu 08 Agustus 2020 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 1 2258924 produk-tetap-laku-saat-pandemi-ini-tips-sektor-usaha-penting-di-new-normal-yang-harus-kamu-tahu-6WL8j02v5L.jpg Foto : Dok okezone

Untuk para pebisnis yang memiliki sistem tatap muka tentu adanya pandemi ini menjadi salah satu penghambat dari keberlangsungan bisnis usaha. Para pengusaha harus pintar memutar strategi agar sektor usaha yang sedang dijalaninya agar tetap bisa survive di tengah pandemi seperti ini. Penurunan jumlah pesanan produk dari bisnis pasti dirasakan dampak dari pandemi ini.

Tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Ibarat Anda seorang pelaut, pandemi adalah badai dan bisnis Anda merupakan kapalnya, saat ini Anda seperti seorang pelaut yang tengah berusaha mempertahankan kapalnya di tengah badai. Di momen seperti sekarang menyerah tentu bukan pilihan. Anda harus pintar mengatur agar bisnis ada tetap survive dan besar di saat new normal ini.

Anda harus menyiapkan strategi terbaik agar produk usaha Anda tetap terjual lebih maksimal di era new normal, simak tips pentingnya :

• Atur ulang strategi pemasaran yang Ideal

Setiap bisnis tentu punya caranya masing-masing dalam melakukan pendekatan pada konsumen atau target audiensnya. Di tengah pandemi ini, lebih dalam dari rencana bisnis, Anda juga perlu memikirkan strategi pemasaran yang akan Anda terapkan untuk menjalankan bisnis di era new normal saat ini.

• Manfaatkan pemasaran ke digital

Beralih ke dunia digital menjadi salah satu pilihan paling masuk akal yang bisa dilakukan saat ini untuk membuat bisnis Anda tetap berjalan.

Selain karena pasar yang menjadi lebih sulit dijangkau karena adanya anjuran untuk melakukan physical distancing, beralih ke digital juga sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan keamanan para frontliners dari bisnis Anda. penggunaan sosial media, platform e-commerce ataupun website akan sangat membantu konsumen Anda untuk menjangkau produk Anda.

 • Jadilah yang Berbeda

Saat momen seperti ini Anda bisa mulai dengan memulai meningkatkan beberapa hal baik hal yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi hingga ke titik pelayanan dan produk yang Anda tawarkan. Kreativitas Anda di uji untuk mengatur bagaimana produk bisnis Anda tetap survive dan berkembang di era new normal ini, berinovasi menciptakan produk yang berbeda dari produk lainnya adalah langkah awal penting, jika Anda tidak berusaha untuk sekreatif mungkin menciptakan sesuatu yang berbeda dengan kompetitor atau bisnis lainnya di kategori yang sama, kelemahan dari bisnis Anda akan lebih mudah terlihat oleh konsumen.

• Menjaga komunikasi dengan pelanggan dan klien

Menjalin atau menjaga komunikasi adalah salah satu kunci penting bagi para pebisnis untuk memahami apa yang diinginkan oleh setiap pelanggan. Di era saat ini, faktor komunikasi pun mendapatkan kemudahan dengan adanya teknologi yang canggih dan internet sehingga mampu menjalin komunikasi tanpa harus bertemu langsung.

Oleh karena itu, jika Anda adalah pebisnis di sektor UMKM, cobalah untuk memanfaatkan aplikasi serta software yang ada, seperti aplikasi messenger yang sudah dilengkapi dengan teknologi voice call atau video call.

Selain tips diatas, ada sosok pemuda asal Bandung yang sukses menghantarkan produk usaha keripiknya ke pasar mancanegara, yang akan membagikan cerita bagaimana agar bisnis tetap survive dan besar di era New Normal saat ini ingin tahu selengkapnya? Yuk saksikan Program Indonesia Digital Market (IDM) akan memberikan rahasianya melalui IG Live @okezonecom pada Selasa, 11 Agustus 2020 yang akan dihadiri oleh narasumber profesional di bidanganya, Reza Nurhilman, founder keripik pedas Maicih.

Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di era New Normal.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini