Hasil Swab Tahap II Ponpes Pati, 26 Santri Positif Corona

Agus Atha Suharto, iNews · Minggu 09 Agustus 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 512 2259454 hasil-swab-tahap-ii-ponpes-pati-26-santri-positif-corona-4zO2Vq21jP.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

PATI - Bupati Pati, Haryanto menyampaikan perkembangan terbaru kasus Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kajen Margoyoso. Dari hasil rapid test pada 96 santri, 26 orang dinyatakan terpapar virus covid-19.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ponpes yang memiliki 105 santri itu, awal Agustus lalu menjadi pusat perhatian lantaran ada 9 santrinya terkonfirmasi positif Corona.

"Dan sisanya atau sekitar 96 santri telah diswab secara bertahap, dan hasil terbaru menunjukkan bahwa ada tambahan lagi yang positif Covid-19, yakni sebanyak 26 santri lagi", kata Haryanto kepada wartawan, Minggu (9/8/2020).

 swab

Untuk menyikapi hal itu, berdasarkan hasil Koordinasi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, kemudian Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, serta pengasuh pondok dan Satgas Ponpes, diputuskan bahwa santri yang negatif Covid-19, harus dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing, hingga Ponpesnya betul-betul steril kembali.

Adapun santri luar jawa yang belum bisa pulang, menurut Bupati, akan ditempatkan di lokasi steril di luar Ponpes hingga ada pihak keluarga yang menjemput.

 

Sementara, 26 yang positif Covid-19, harus menjalani karantina di pondok tersebut, lantaran tempat karantina di Hotel Kencana masih penuh.

"Tapi jika nanti yang di Hotel Kencana sudah ada yang sembuh, tentu akan kami karantina di hotel tersebut," imbuhnya.

Haryanto juga meminta semua pihak khususnya kalangan pendidikan baik itu pengasuh pondok/guru, santri/pelajar, dan wali santri/orang tua murid di madrasah dan juga di sekolah umum maupun swasta untuk bijak menyikapi hal ini. Termasuk, tidak begitu saja percaya terhadap informasi yang didapat, jika tidak bersumber dari tim Gugus Tugas maupun Pemkab Pati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini