Pengumuman SBMPTN Dimajukan, Ini Alasannya

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 10 Agustus 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 65 2259756 pengumuman-sbmptn-dimajukan-ini-alasannya-Ax553XmJjj.jpg SBMPTB. (Ilustrasi/Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi memajukan pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pengumuman hasil SBMPTN ini dimajukan untuk proses penerimaan mahasiswa baru di jalur mandiri.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, pertimbangan dimajukannya pengumuman SBMPTN dari 20 Agustus menjadi 14 Agustus atas dorongan para rektor lantaran di masing-masing kampusnya ada seleksi jalur mandiri.

“Para rektor mendorong bisa dimajukan agar jalur mandiri dapat segera dilaksanakan,” katanya ketika dihubungi Sindonews, Senin (10/8/2020).

Sebagaimana diketahui, penerimaan mahasiswa baru di PTN dibuka untuk tiga jalur. Pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota daya tampung setiap program studi SNMPTN paling sedikit 20% dari daya tampung program studi yang bersangkutan. Adapun kuota SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40%. Sementara, kuota yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30%.

Baca Juga : Kemendikbud Bakal Berikan Bantuan Kuota Internet ke 25% Mahasiswa

Budi melanjutkan, hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan untuk SBMPTN ini ternyata banyak juga PTN yang menggunakan nilai UTBK ini sebagai salah satu kriteria di seleksi mandiri. Oleh karena itu, ujarnya, tim LTMPT berusaha maksimal untuk memenuhi permintaan tersebut dengan bekerja lembur.

Baca Juga : Hari Ini, 64.250 Peserta dari Dalam dan Luar Negeri Bersaing di SIMAK UI 2020

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini