Pasien Covid-19 di RS Darurat Lapangan Jatim 100% Sembuh

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 14 Agustus 2020 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 519 2261989 pasien-covid-19-di-rs-darurat-lapangan-jatim-100-sembuh-N2pdVAZkWX.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

BATU – Sejak dibuka pada Mei 2020 lalu, rumah sakit lapangan pasien Covid-19 telah merawat ratusan orang. Total terdapat 500 pasien positif corona yang dirawat di rumah sakit lapangan di Indrapura Surabaya dan semuanya dinyatakan sembuh.

“Per hari ini di rumah sakit darurat lapangan, alhamdulillah 100 persen sembuh,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara Pembinaan Pilar–Pilar Partisipasi Sosial dalam Rangka Penguatan Program Reformasi Perlindungan Sosial Memasuki Era New Normal di Kota Batu, Kamis malam (13/8/2020).

Bila dijumlahkan menurut Khofifah, rumah sakit darurat lapangan total telah merawat tak kurang ribuan orang, termasuk yang berstatuskan kontak erat, meski akhirnya dinyatakan negatif. Kesembuhan 100 persen pasien–pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif di rumah sakit lapangan disebut mantan menteri sosial ini karena fasilitas dan pelayanan di rumah sakit yang maksimal.

“Namanya rumah sakit darurat, tapi sebetulnya seluruh proses pelayanannya dokter spesialis, dan dokter–dokter lain di situ, gizinya sangat bagus, ada coffe shop 24 jam free, ada tempat olahraga yang bermacam–macam format, bisa digunakan semua yang berada di sana,” terang Khofifah.

Terpisah, Ketua Tim Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr. Kohar Hari Santoso memaparkan salah satu keberhasilan 100 persen sembuh di rumah sakit lapangan karena penanganannya yang semakin bagus.

“Dari segi layanan penanganan sekarang ini kita sudah makin bagus, seperti yang disampaikan bu gubernur kita punya rumah sakit lapangan memang di sana kita seleksi. Orang – orang yang sakitnya ringan segera kita masukkan, jangan sampai jadi berat,” ucap dr. Kohar.

Baca Juga : Peristiwa 14 Agustus: Jepang Menyerah pada Sekutu

Baca Juga : Sidang Tahunan MPR/DPR Digelar Hari Ini, Peserta Wajib Tes Swab

“Alhamdulillah setelah dilakukan, tidak menjadi berat, tapi justru menjadi sembuh, ini suatu hal yang positif sekali. Makanya ini yang mendukung untuk angka kesembuhan menjadi tinggi,” imbuh pria yang juga Direktur RSUD Saiful Anwar ini.

Sebagai informasi hingga Kamis malam 13 Agustus 2020 terdapat 26.561 kasus positif corona di Jatim. Dari jumlah tersebut 19.548 orang sembuh atau ada penambahan kasus sembuh mencapai 423 orang, 5.060 orang menjalani perawatan, dan 1.953 pasien meninggal dunia. Sementara jumlah pasien suspek di Jatim mencapai 11.230 orang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini