Diduga Menyimpang dari NKRI, 12 Orang Kelompok Republik Melanisea Ditangkap

Edy Siswanto, Okezone · Selasa 18 Agustus 2020 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 340 2264151 diduga-menyimpang-dari-nkri-13-orang-kelompok-republik-melanisea-ditangkap-NrPX60TMiL.jpg Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav (foto: Okezone/Edy)

JAYAPURA – Sebanyak 12 orang yang tergabung dalam kelompok Republik Melanisea ditangkap anggota Polres Kota Jayapura, Selasa (18/8/2020).

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas mengatakan, ke 12 orang tersebut diamankan ketika hendak melakukan pelantikan pengurus di strukstur organisasi Republik Milanesia di kawasan jalan Asrama Haji, Kotaraja Distrik Abepura. Kelompok ini diduga menyimpang dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami amankan ketika mereka hendak melakukan pengukuhan pengurus organisasi yang dianggap menentang kedaulatan Republik Indonesia,” kata Gustav.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap ke 12 orang tersebut. Termasuk klarifikasi kegiatan pengukuhan itu.

Penangkapan

“Selain kami amankan 12 orang, kami juga mengamankan spanduk dan alat pendukung kegiatan lainnya yang berbau sparatis. Bahkan saat ini 12 orang itu masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Satuan Reskrim Polresta Jayapura Kota,” tegasnya.

Ia pun belum mengetahui tujuan dari organisasi itu, mengingat saat ini masih terus didalami. Namun nama dari organisasi tersebut diduga mereka ingin membuat negara di dalam negara.

“Dari hasil pemeriksaan kami akan kaji ulang, apakah ada unsur Pidana atau tidak. Namun yang jelas kami masih melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. (wal)

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini