Taman di Tokyo Pasang Toilet Transparan untuk Bantu Penggunanya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 19 Agustus 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 18 2264514 taman-di-tokyo-pasang-toilet-transparan-untuk-bantu-penggunanya-nWynZfDj7g.jpg Foto: Twitter/@RT_com.

TOKYO – Taman di Tokyo, Jepang memasang toilet umum yang berbeda dari biasanya, karena dindingnya yang tembus pandang dan bisa dilihat orang dari luar. Ini merupakan inisiatif baru untuk menghilangkan kekhawatiran orang-orang saat menggunakan toilet umum.

Toilet-toilet itu dirancang oleh Shigeru Ban, seorang arsitek pemenang Pritzker Prize yang juga bagian dari Proyek Toilet Tokyo. Menurut Shigeru, toilet rancangannya itu memungkinkan pengguna potensial untuk melihat menembus dinding dan mengetahui keadaan di dalamnya.

Ini akan menghilangkan kecemasan terkait hal-hal yang biasanya menjadi kekhawatiran seseorang sebelum menggunakan toilet umum, yaitu kebersihan dan apakah ada orang di dalam.

"Ada dua hal yang kami khawatirkan saat memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman," kata Ban di situs web proyek tersebut sebagaimana dilansir South China Morning Post.

"Yang pertama adalah kebersihan, dan yang kedua adalah apakah ada orang di dalam," lanjut sang arsitek.

Toilet itu didesain dengan menggunakan warna-warna ceria seperti biru dan hijau. Mereka juga sepenuhnya transparan, namun setelah ditempati oleh pengguna dinding kubikel tersebut menjadi buram.

"Menggunakan teknologi terbaru, kaca eksterior menjadi buram saat dikunci," jelas Shigeru.

"Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada yang menggunakan toilet dari luar. Di malam hari, fasilitas tersebut menerangi taman seperti lentera yang indah."

Toilet yang dibangun di Taman Mini Yoyogi Fukamachi dan Taman Komunitas Haru-no-Ogawa itu merupakan bagian dari inisiatif Nippon Foundation untuk mendesain ulang toilet umum di 17 area di Shibuya, Tokyo. Setiap fasilitas memiliki tiga bilik toilet.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini