Usai Dilahirkan, Bayi di Sleman Positif Covid-19

Kuntadi, Koran SI · Rabu 19 Agustus 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 510 2264484 usai-dilahirkan-bayi-di-sleman-positif-covid-19-WcNlpw3lgd.jpg Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

SLEMAN – Dinas Kesehatan Sleman menemukan bayi yang baru saja dilahirkan positif terinfeksi Covid-19. Kemungkinan bayi ini tertular dari rahim ibunya melalui tali plasenta.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, bayi ini diketahui positif Covid-19 sehari setelah dilahirkan. Kepastian itu didapat setelah bayi itu menjalani tes swab di salah satu rumah sakit swasta di Kota Yogyakarta.

“Bayi ini baru berusia satu hari. Kemungkinan besar tertular dari intra uterim di dalam rahim melalui tali pusar atau transplasenta,” kata Joko.

Kasus bayi positif yang tertular melalui plasenta ini menjadi yang pertama di DIY. Sebelumnya belum ada kasus seperti ini. Saat ini Dinas Kesehatan Sleman bersama dengan gugus tugas tengah melakukan kajian. Apalagi ibu bayi saat mengandung sempat dinyatakan reaktif.

“Ibunya sempat reaktif, tetapi setelah 20 hari dilakukan uji swab dan hasilnya negatif,” katanya.

Baca Juga : Bocah yang Hidup Setelah Meninggal Punya Riwayat Penyakit Diabetes

Di Kabupaten Sleman, ada dua bayi yang terinfeksi virus corona (Covid-19). Selain bayi yang baru dilahirkan, ada juga bayi yang baru berusia tiga bulan. sedangkan kedua bayi kondisinya cukup baik.

Baca Juga : Denpasar Catat Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Capai 92,13%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini