Trump Diisukan Stroke, Ini Kata Dokter Gedung Putih

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 02 September 2020 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 18 2271244 trump-diisukan-stroke-ini-kata-dokter-gedung-putih-Fgbst5yfKn.jpg Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Twitter)

WASHINGTON – Dokter Gedung Putih membantah rumor yang mengatakan bahwa Presiden Donald Trump tahun lalu menderita stroke. Rumor itu beredar menyusul klaim dalam sebuah buku oleh penulis New York Times yang akan segera terbit.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (1/9/2020), Dr. Sean Conley mengatakan dia dapat mengonfirmasi bahwa Trump "belum mengalami atau dievaluasi" baik untuk stroke, mini-stroke, atau “kondisi kardiovaskular akut” seperti yang “dilaporkan secara salah” di media.

BACA JUGA: Tersandung saat Kampanye, Kondisi Kesehatan Trump Dipertanyakan

Spekulasi terkait kondisi kesehatan Trump beredar di Twitter pada Selasa menyusul kutipan di New York Times dari sebuah buku oleh reporter Michael Schmidt yang akan terbit.

Dalam bukunya, Schmidt mengklaim kunjungan ke Rumah Sakit Walter Reed pada November 2019 membuat Wakil Presiden Mike Pence "bersiaga untuk mengambil alih kekuasaan kepresidenan jika Trump harus menjalani prosedur yang mengharuskan dia untuk dibius."

Meskipun kutipan dari buku yang akan datang tidak memberikan rincian lebih lanjut atau menyebutkan stroke secara spesifik, para pengkritik Trump segera membuat trending "#TrumpStroke" di Twitter.

BACA JUGA: Presiden Donald Trump Dinyatakan dalam Kesehatan Prima Pasca-Pemeriksaan Medis

Banyak yang mulai berteori tentang apa yang bisa terjadi pada presiden dan apakah dia saat ini cukup stabil untuk melakukan pekerjaannya. Beberapa mengungkit kembali insiden di mana Trump terlihat kesulitan mengangkat gelas air dengan tangan kanannya.

Trump memicu spekulasi lebih lanjut dengan men-tweet penyangkalan atas semua rumor tersebut, secara khusus menyangkal bahwa dia telah menderita "serangkaian stroke ringan". Schmidt segera mengatakan bahwa dalam bukunya dia “tidak mengatakan apa-apa tentang stroke ringan" secara khusus.

Dalam pernyataannya, Dr. Conley mengatakan presiden "tetap sehat" dan bahwa dia "tidak memiliki kekhawatiran" tentang kemampuannya untuk mempertahankan jadwal yang ketat dan menjalankan tugas kantornya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini