Share

Agar Liburan Lebih Menyenangkan, 7 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Wisatawan #DiIndonesiaAja

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Minggu 06 September 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 1 2273459 agar-liburan-lebih-menyenangkan-7-hal-penting-ini-harus-diperhatikan-wisatawan-diindonesiaaja-m9sz1a3LbH.jpg Foto Dok: Wonderful Indonesia

Setelah hampir beberapa bulan berbagai tempat wisata ditutup sementara akibat pandemi, kini secara bertahap mulai dibuka kembali. Wisatawan yang hendak mengunjungi berbagai lokasi wisata agar tetap memerhatikan protokol kesehatan yang dijalankan di tempat-tempat wisata. Berbagai rekomendasi tempat wisata tersebut bisa kamu temukan di #DiIndonesiaAja

Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Sanur Bali. Pantai Sanur sudah dikenal sejak lama dan namanya telah mendunia. Tak heran bila banyak wisatawan datang ke Pantai Sanur di Bali yang memiliki hamparan pasir putih yang menawan. Pantai ini juga merupakan tempat yang aman untuk berenang.

Pemerintah mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan hidup (Cleanliness, Health, Safety & Environment) di tempat-tempat wisata #DiIndonesiaAja untuk kepentingan wisatawan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah membuat video tentang penerapan panduan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan di tempat-tempat wisata dan menyosialisasikannya kepada masyarakat lewat berbagai media.

 

Sanur, Bali

(www.indonesia.travel)

Berikut 7 tanggung jawab wisatawan untuk berlibur #DiIndonesiaAja :

Menerapkan Protokol Kesehatan

Beberapa kebijakan untuk melakukan aktivitas wisata di tengah pandemi, yaitu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Kamu harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ini di berbagai tempat wisata #DiIndonesiaAja

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

(Okezone)

Perhatikan Kuota Kunjungan di Tempat Wisata

Sebelum mengunjungi tempat wisata #DiIndonesiaAja kamu harus mengetahui berapa jumlah kuota yang diberlakukan untuk wisatawan di tempat wisata. Sebagian besar jumlah pengunjung menjadi 50 persen dari kapasitas total. Beberapa tempat wisata juga memberlakukan aturan waktu kunjungan hingga pendataan tiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata. Dengan mengetahui batasan jumlah kunjungan, wisatawan akan mempersiapkan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Memastikan Tempat Wisata dalam Zona Aman

Sebelum berwisata pada masa normal baru adalah memastikan apakah tempat tujuan wisata berada di zona aman atau tidak. Baiknya kamu rencanakan perjalananmu dengan matang seperti mengumpulkan informasi mengenai lokasi destinasi wisata tujuanmu. Dari informasi tersebut kamu bisa memilah-milah mana lokasi wisata yang akan dituju. Meski di zona aman, kamu tetap waspada dan cari lokasi wisata yang tidak ramai. Seperti pantai-pantai tersembunyi yang indah di Likupang, Sulawesi Utara, Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, dan Air Terjun Banyumala, Bali.

 

Likupang

(www.indonesia.travel)

Mematuhi Protokol Kesehatan pada Alat Transportasi

Setelah memastikan tempat tujuan wisata berada di zona aman, yang harus dipastikan berikutnya adalah protokol kesehatan pada alat transportasi yang dipilih untuk menuju tempat wisata tersebut. Wisatawan harus memastikan protokol kesehatan yang diterapkan alat transportasi. Bila harus naik bus atau pesawat, pastikan penerapan protokol kesehatannya. Pastikan juga dokumen-dokumen kesehatan yang mungkin perlu dibawa untuk bisa menaiki alat transportasi tersebut.

Jangan Memaksakan Diri saat Kondisi Tidak Fit

Perlu diingat, jangan memaksakan diri berwisata apabila kondisi tubuh sedang tidak fit. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kesehatan bersama. Kondisi tubuh yang fit akan membuat kamu lebih nyaman dan tidak was-was saat berada di lokasi wisata.

Travel Kit untuk Menjaga Kesehatan

Ketika pemerintah mengumumkan sudah mulai melakukan pelonggaran dan memperbolehkan beberapa sektor kembali beroperasi, wisatawan wajib mempersiapkan travel kit yang berisi hand sanitizer, masker, dan tisu basah yang harus dibawa para traveler untuk mengantisipasi kemungkinan penularan Covid-19. Jangan lupa juga siapkan obat-obatan pribadi untuk mencegah kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan.

Menaati Pedoman Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan

Wisatawan harus lebih memperhatikan dan menaati pedoman kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan di destinasi wisata. Sebelum tiba di objek wisata tertentu,

wisatawan tentu ingin memastikan seberapa siap dan patuhnya pengelola akan protokol kesehatan yang telah ditetapkan di berbagai tempat wisata.

Itulah 7 syarat berwisata aman dan nyaman bagi seorang wisatawan di berbagai lokasi wisata. Bagi kamu yang masih bimbang memilih lokasi wisata yang akan dikunjungi, kamu bisa mendapatkan berbagai referensi tempat wisata di sini.

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini