Satgas Ungkap 3 Faktor Penyebab Pasien Covid-19 di Malang Melonjak Tajam

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 10 September 2020 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 519 2275421 satgas-ungkap-3-faktor-penyebab-pasien-covid-19-di-malang-melonjak-tajam-9e2Kfws61d.jpg Ilustrasi virus corona (Foto : Shutterstock)

KOTA MALANG – Angka pasien positif Covid-19 di Kota Malang terus bertambah. Hingga Kamis (10/9/2020) pagi, pasien positif Covid-19 sudah menyentuh angka 1.497 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 terjadi karena 3 faktor.. Salah satunya adalah kontak erat dengan pasien positif corona sebelumnya sehingga membuat potensi penularan kepada orang-orang didekatnya begitu tinggi.

"Penambahan itu sumbernya bermacam-macam. Artinya penambahan konfirmasi positif bisa dari kontak erat dari konfirmasi sebelumnya. Keluarga misalnya," ucap Husnul Muarif ditemui di Balai Kota Malang, pada Kamis pagi.

Ia menambahkan, dari sejumlah kasus itu, petugas kesehatan masih menjadi paling rentan tertular virus corona. Terlebih aktivitas mereka banyak bersentuhan dengan pasien, baik yang berkategori suspek atau positif.

"Penyebab yang lain misalnya dari tenaga-tenaga kesehatan. Ini rentan terpapar Covid-19," ucapnya.

Tes swab mandiri yang dilakukan sejumlah orang juga disebut Husnul sebagai penyumbang jumlah kasus positif Covid-19 bertambah di Kota Malang. Biasanya tes swab perorangan atau mandiri ini lantaran perusahaan yang mewajibkan karyawannya melakukan tes setelah kerap menjalankan tugas ke luar kota.

"Kemudian yang inisiasi pemeriksaan sendiri. Nah tiga faktor ini yang memberikan kontribusi dari penambahan kasus di Kota Malang," tuturnya.

Namun, Husnul menyatakan bila angka kesembuhan pasien juga meningkat. Hingga pagi ini, sebanyak 994 pasien positif Covid-19 sembuh. Namun menurutnya, angka tersebut masih belum standar minimal, bahkan di bawah rata-rata kesembuhan Provinsi Jawa Timur.

"Kalau Jawa Timur batas minimal 78 persen. Kota Malang masih di bawah 70 persen untuk kesembuhan," tuturnya.

Baca Juga : Penerapan Protokol Kesehatan di KRL dan KA Jarak Jauh Lebih Diperketat

Sebagai informasi, total kasus positif Covid-19 di Kota Malang sebanyak 1.479 orang. Rinciannya, 955 orang telah sembuh, 120 meninggal dunia, dan 404 masih dalam pemantauan atau perawatan.

Baca Juga : TNI-Polri, Satgas Covid-19 hingga KPU Bagikan 34,3 Juta Masker di Seluruh Indonesia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini