Peningkatan Kasus Covid-19 Menggila, Israel Berlakukan Lockdown Total Tiga Pekan

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 14 September 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 18 2277436 peningkatan-kasus-covid-19-menggila-israel-berlakukan-lockdown-total-tiga-pekan-2zyzSNiO3I.jpg Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu. (Foto: TASS)

TEL AVIV - Israel akan memberlakukan penguncian (lockdown) nasional selama tiga minggu mulai Jumat (18/9/2020), karena situasi mengerikan berkaitan dengan wabah virus corona di negara itu. Hal itu diumumkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam pidato yang disiarkan televisi.

Berpidato pada Minggu (13/9/2020), Netanyahu berjanji bahwa pembatasan akan disertai dengan paket bantuan ekonomi baru, yang akan diumumkan pemerintah pada Kamis (17/9/2020).

Tindakan pencegahan penyebaran virus corona terbaru itu akan membatasi pertemuan tidak lebih dari 10 orang di dalam ruangan dan 20 di luar ruangan. Aturan itu juga akan mencegah warga Israel menjauh lebih dari 500 meter dari rumah mereka.

BACA JUGA: Pasukan Israel Hancurkan Pusat Pengujian Covid-19 Palestina

Sekolah akan ditutup, dengan sektor publik menghadapi pembatasan yang sama seperti selama kuncian sebelumnya di musim semi. Toko makanan dan apotek akan tetap beroperasi, serta bisnis swasta yang tidak memiliki pelanggan tatap muka, dan pengiriman mungkin masih berlangsung.

Dengan penguncian yang dimulai pada malam Tahun Baru Yahudi, Netanyahu mengatakan, “Ini bukan hari libur yang biasa kami lakukan. Kami pasti tidak akan bisa merayakannya dengan keluarga besar kami. "

Dia menambahkan bahwa pembatasan dapat diperpanjang lebih dari tiga minggu jika tidak memberikan hasil yang diinginkan.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Israel Melonjak, Netanyahu: Israel dalam Keadaan Darurat

"Langkah-langkah ini adalah harga yang mahal bagi kita semua," ujarnya sebagaimana dilansir RT.

Israel telah mencatat sekira 153.000 kasus Covid-19 sejak dimulainya pandemi pada Desember tahun lalu, dengan hampir 2.400 terdaftar hanya dalam 24 jam terakhir. Negara Zionis itu juga mencatat lebih dari 1.100 kematian.

Dalam beberapa hari terakhir, saluran TV lokal telah memperingatkan mengenai jumlah infeksi di Israel, yang memliki jumlah kasus Covid-19 tertinggi per kapita di dunia. Menurut data Universitas Johns Hopkins, saat ini rata-rata terjadi hampir 200 kasus baru yang dikonfirmasi perjuta penduduk setiap hari di Israel.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini