Dua PNS Morotai Positif Covid-19

Ismail Sangaji, iNews · Senin 14 September 2020 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 340 2277744 dua-pns-morotai-positif-covid-19-YdbyzLFyrk.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DARUBA - Dua orang PNS pada dua dinas berbeda di Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Hal tersebut membuat tim medis mengambil langkah cepat terhadap seluruh pegawai di dua instansi itu dengan menggelar swab test, Senin (14/9/2020).

"Hari ini seluruh PNS di dua Dinas di Pemkab Pulau Morotai yakni Dinas Nakertrans dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) di Swab, karena dua pegawai dari masing-masing Dinas itu punya hasil swab PCR sudah keluar dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Juru Bicara (Jubir) Tim Gustu Covid-19 Pulau Morotai, dr. Toni Humbas.

Baca Juga:  9 Daerah di Jateng Diminta Tarik Rem Darurat Covid-19 

Lanjut Toni, hanya hasil swab seluruh PNS di dua Dinas tersebut belum tahu hasilnya karena belum dilaporkan tim medis kepada dirinya.

"Yang pastinya Tim medis Gustu Covid-19 setelah menerima dan mengetahui hasil PCR langsung bertindak cepat dengan melakukan swab kepada seluruh PNS di dua Dinas tersebut dan menyemprot cairan desinfektan di ruang kerja masing masing," tegasnya.

Selain kedua ASN yang terpapar Covid-19, juga ada warga Gotalamo yang telah dirujuk ke Ternate hasil PCR-nya juga positif terpapar virus corona. "Yang warga Gotalamo itu hasil swab PCR duluan keluar, kemudian pegawai Nakertrans dan pegawai BKD, ketiganya terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara yang dari Desa Lusuo hasil PCR -nya belum keluar," katanya.

Baca Juga:  Pemprov DKI Tunggu Detail Rincian Hotel Tempat Isolasi OTG

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Pulau Morotai ini, dengan adanya kasus rentetan positif Covid-19 di masa New Normal diduga telah terjadi kebocoran di pintu pintu masuk dari penjagaan Satgas Covid-19, sehingga penumpang yang lain berhasil lolos dan tidak mengikuti karantina sehat.

"Untuk status transmisi lokal Tim Gustu Covid-19 Pulau Morotai belum tetapkan. Hanya dugaan saya telah terjadi kebocoran sehingga diduga terjadi transmisi lokal," ucapnya.

Toni berharap masyarakat Pulau Morotai tidak menganggap remeh keberadaan virus corona ini. Sehingga tetap ihtiar dengan mengikuti protokol kesehatan, selalu menjaga imun tubuh dengan makan makanan bergizi, minum vitamin C dan berolahraga serta paling penting selalu berdoa kepada Tuhan agar dijauhkan dari bencana nonalam ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini