Pulih Setelah Diracun Novichok, Pengkrtitik Putin Akan Kembali ke Rusia

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 September 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 18 2278290 pulih-setelah-diracun-novichok-pengkrtitik-putin-akan-kembali-ke-rusia-jJxCrtsBDx.jpg Alexei Navalny mengunggah fotonya dari rumah sakit Charite di Berlin. (Foto: Instagram/@Navalny)

BERLIN - Tokoh oposisi Alexei Navalny akan kembali ke Rusia setelah pulih dari koma karena diracun akhir bulan lalu, demikian disampaikan juru bicaranya pada Selasa (15/9/2020) pagi.

Sekretaris pers Navalny, Kira Yarmysh mengatakan bahwa Navalny tidak pernah mempertimbangkan pilihan lain selain kembali ke Rusia.

"Ini membingungkan saya mengapa ada orang yang berpikir sebaliknya," kata Yarmysh dalam sebuah posting di Twitter sebagaimana dilansir BBC.

BACA JUGA: Politikus Pengkritik Putin Terbaring Koma di RS Jerman, Diduga Diracun

Di hari yang sama, Navalny juga mengunggah foto di Instagram mengumumkan bahwa dia telah bernafas normal tanpa menggunakan ventilator. Ini adalah unggahan pertama Navalny sejak dia diracun bulan lalu.

Menulis di Instagram, Navalny menjelaskan bahwa meski telah bisa bernafas tanpa alat bantu, dia "hampir belum bisa melakukan apa pun".

Sebagaimana diberitakan, Navalny pingsan dalam penerbangan dari Siberia menuju Moskow pada 20 Agustus. Dia segera dirawat di rumah sakit di Kota Omsk di Siberia sebelum dua hari kemudian diterbangkan ke rumah sakit Charite di Berlin atas permintaan rekan-rekannya.

BACA JUGA: Kremlin Tolak Tuduhan Racuni Musuh Besar Putin

Hasil tes telah menunjukkan Navalny diracuni dengan agen saraf Novichok.

Timnya menuduh Navalny diracun atas perintah Presiden Vladimir Putin, namun Kremlin menyangkal terlibat dalam bentuk apa pun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini