Malaise Gejala Ringan Pasien Covid-19, Ini Tanda-Tandanya

Kuntadi, Koran SI · Selasa 15 September 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 510 2278103 malaise-gejala-ringan-pasien-covid-19-ini-tanda-tandanya-0QgrwqIn3P.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

YOGYAKARTA – Gejala ringan penderita Covid-19, kerap ditandai dengan demam, batuk, gatak pada tenggorokan dan pilek. Pakar Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) masih ada satu gejala lagi yang dikenal dengan malaise. 

Dokter spesialis THT Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Anton Sony Wibowo mengatakan, malaise merupakan istilah dalam bidang kedokteran yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi lemah, letih, dan lesu. Tubuh seperti kekurangan energi untuk beraktivitas atau melakukan interaksi.

“Malaise ini muncul sebagai respons imun tubuh melawan infeksi,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga: Menkes Terawan Sebut Perawat yang Gugur Paling Banyak di Jatim 

Gejala ini tidak hanya muncul pada penderita Covid-19 saja, namun kerap dijumpai pada penyakit lainnya yang disebabkan adanya infeksi (penyakit infeksi). Contohnya infeksi virus saluran pernafasan lain, infeksi bakteri atau gangguan hormonal.

“Malaise ini mirip dengan kelelahan atau fatigue. Bedanya fatighue cenderung terkait fisik,” kata Dosen Departemen THT-KL Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini.

Anton mengatakan, setiap orang yang memiliki gejala malaise  disertai gelala lainnya untuk segera memeriksakan di rumah sakit. Nantinya akan ada cek kesehatan untuk memastikan apakah terkena Covid-19 atau bukan.

“Kalau mengalami malaise dan ada gejala lain atau ada riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19, sebaiknya segera memeriksakan diri di rumah sakit,” katanya.

Baca Juga: Banyak Perawat Gugur, Menkes: Bukti Kerja Tenaga Medis Berisiko Tinggi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini