AS Ungkap Rencana Vaksinasi Gratis Covid-19 untuk Semua Warganya

Agregasi VOA, · Kamis 17 September 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 18 2279242 as-ungkap-rencana-vaksinasi-gratis-covid-19-untuk-semua-warganya-nsLUcnNbQv.jpg Ilustrasi. (Foto: RFI)

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Rabu (16/9/2020) mengumumkan rencana ekstensif untuk memberikan vaksinasi gratis virus corona bagi warganya. Namun, para pejabat masih berbeda pendapat tentang seberapa cepat suntikan vaksin akan tersedia secara luas.

Paul Mango, seorang pejabat di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mengatakan kepada Bloomberg News bahwa para ahli kesehatan memperkirakan Badan Pangan dan Obat-obatan AS (FDA) akan menyetujui vaksin yang aman pada akhir 2020. Mango juga mengatakan pemerintah memiliki kontrak dengan produsen obat untuk menghasilkan dosis yang cukup sehingga semua warga AS bisa divaksinasi pada akhir Maret.

 BACA JUGA: AS Sepakati Pembelian 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Pfizer

Robert Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tidak memastikan jadwal kapan vaksinasi akan dilakukan selama kesaksian di sidang Senat mengenai virus corona.

Ketika ditanya mengenai jadwal vaksin, Redfield mengatakan, "Jika saya ditanya kapan akan tersedia untuk publik Amerika, saya kira mungkin akhir kuartal kedua, kuartal ketiga 2021," demikian diwartakan VOA.

Pejabat virus corona penting lainnya, Letnan Jenderal Angkatan Darat Paul Ostrowski, mengatakan segera setelah FDA menyetujui keamanan suntikan vaksin, "Kami akan memindahkan vaksin ke lokasi-lokasi pemerintah dalam waktu 24 jam."

BACA JUGA: WHO: Vaksinasi Covid-19 Tidak Akan Selesai hingga 2022 

CDC telah memberi tahu pejabat kesehatan masyarakat di 50 negara bagian dan wilayah AS untuk memiliki rencana untuk mendistribusikan vaksin kepada petugas kesehatan dan kelompok yang diprioritaskan lainnya, seperti orang tua dan mereka yang punya masalah kesehatan sebelumnya, paling cepat 1 November.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini