Klaim Mandi Lumpur Bikin Kebal Corona, Politikus India Positif Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 18 September 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 18 2280075 klaim-mandi-lumpur-bikin-kebal-corona-politikus-india-positif-covid-19-qZR6fAWTsy.jpg Subkhir Jaunapuria. (Foto: Facebook)

POLITIKUS India yang memposting video duduk di genangan lumpur dengan cangkang keong, mengklaim cara itu dapat menangkap virus corona, dinyatakan positif Covid-19. Menurut laporan media lokal, Sukhbir Jaunapuria menjadi satu dari 24 anggota parlemen yang diuji positif Covid-19 pada 14 September.

Sebulan sebelum diuji Covid-19, Jaunapuria, yang merupakan anggota parlemen dari daerah pemilihan Tonk, Sawai Madhopur di Rajasthan mengunggah sebuah video di halaman Facebook-nya. Dalam video tersebut, Jaunapuria terlihat sedang duduk di kubangan lumpur dengan cangkang keong di tangannya.

BACA JUGA: Klaim Kebal Virus, Miliarder AS Jilati Sol Sepatu Agar Terinfeksi Covid-19

Anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) India kemudian mengklaim bahwa meniup cangkang keong dan mandi di lumpur akan meningkatkan kapasitas paru-parunya dan berada dekat dengan Alam akan menyelamatkannya dari infeksi virus corona.

“Keluar, basah badan dengan hujan, duduk di tanah, bekerja di pertanian, meniup keong… dan makan 'desi'. Seseorang memperoleh kekebalan dari melakukan hal-hal ini," kata Jaunapuria dalam video tersebut, sebagaimana dilansir Gulf News, Jumat (18/9/2020).

Ketika berita Jaunapuria dites positif COVID-19 muncul di daring, banyak pengguna media sosial yang mengejeknya.

BACA JUGA: Gubernur di Meksiko Sebut Orang Miskin 'Kebal' dari Virus Corona

Pengguna Twitter @PremanandAlok menulis: "Terima kasih, Anggota Parlemen BJP dari Tonk-Sawai Madhopur, Sukhbir Singh Jaunapuria karena telah membuktikan bahwa kantung lumpur, meniup cangkang keong tidak meningkatkan kekebalan terhadap virus corona."

Meskipun apa yang dikatakan Jaunapuria menarik perhatian online, dia bukanlah politisi pertama yang memberikan saran yang tidak terbukti tentang cara mencegah Covid-19.

Baru-baru ini, seorang menteri dari Negara Bagian Madhya Pradesh, India, Imarti Devi, mengatakan dia percaya bahwa dia kebal terhadap infeksi karena dia lahir dari kotoran sapi dan lumpur. Komentar tersebut dilaporkan dibuat selama konfrontasi dengan media pada 3 September, dan dibagikan secara luas secara online.

Pada Juli, Menteri Perhimpunan Arjun Ram Meghwal telah mempromosikan merek papad (kerupuk goreng tipis yang terbuat dari lentil) 'Bhabiji papad' yang mengklaim bahwa papad tersebut terbuat dari bahan-bahan yang membantu membangun antibodi terhadap Covid-19. Dia kemudian dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini