Kumpulan Buku Berharga Senilai Rp47,5 Miliar Ditemukan di Bawah Lantai Rumah

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 18 September 2020 23:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 18 2280249 kumpulan-buku-berharga-senilai-rp47-5-miliar-ditemukan-di-bawah-lantai-rumah-eqcBaUSuBe.jpg Buku-buku itu dinilai sangat berharga. (Foto: Kepolisian Metropolitan London)

BUCHAREST - Sekira 200 buku yang "tak tergantikan" senilai lebih dari £2,5 juta (Rp47,5 miliar) yang dicuri dari sebuah gudang di London, ditemukan terkubur di bawah lantai sebuah rumah di pedesaan Rumania, demikian dilaporkan polisi. Buku-buku itu termasuk di antaranya edisi pertama karya Galileo dan Isaac Newton.

Buku-buku tersebut dicuri pada Januari 2017, oleh para pelaku yang membuat lubang di atap sebuah gudang di Feltham, Inggris. Mereka turun dan berhasil menghindari sensor.

Dalam pernyataannya, Kepolisian Metropolitan London mengatakan, para pelaku diidentifikasi sebagai bagian dari geng kejahatan terorganisir Rumania. Geng tersebut bertanggung jawab atas serangkaian perampokan gudang bernilai tinggi di seluruh Inggris.

BACA JUGA: Memorabilia Partai Komunis China Senilai Rp7,6 Triliun Dicuri Maling di Siang Bolong

Petugas menemukan buku-buku itu di bawah tanah selama penggeledahan sebuah rumah di wilayah Neamț, di timur laut Rumania, pada Rabu (16/9/2020).

Penemuan itu menyusul penggerebekan di 45 alamat di Inggris, Rumania dan Italia pada Juni 2019. Tiga belas orang telah didakwa atas pencurian itu, 12 di antaranya telah mengaku bersalah.

BACA JUGA: 10 Buku Paling Mahal di Dunia, Paling Murah Rp65 miliar

Tumpukan buku yang ditemukan termasuk versi langka Dante dan sketsa oleh pelukis Spanyol Francisco de Goya, serta tulisan oleh Galileo dan Isaac Newton yang berasal dari abad ke-16 dan ke-17.

"Buku-buku ini sangat berharga, tetapi yang lebih penting buku-buku itu tak tergantikan dan sangat penting bagi warisan budaya internasional," kata Detektif Inspektur Andy Durham, dari Komando Spesialis Kejahatan Selatan di Kepolisian Metropolitan sebagaimana dilansir BBC.

Karya-karya itu disimpan di gudang sebelum diangkut ke pelelangan buku spesialis di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), ketika dicuri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini