"Tsunami" 100 Ton Sampah Landa Pantai Honduras

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 23 September 2020 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 18 2282333 tsunami-100-ton-sampah-landa-pantai-honduras-kBOoxM7ZuZ.jpg Foto: Al Jazeera.

TEGUCIGALPA - Sebuah 'tsunami' sampah besar menghantam pantai di Kota Omoa, Honduras. Sampah-sampah itu dikirim dari negara tetangga Guatemala, yang penghalang anti-limbahnya rusak akibat hujan lebat.

Rekaman video dari adegan tersebut menunjukkan lapisan tebal botol plastik dan sampah lainnya yang terbawa ombak dan menumpuk di pantai berpasir di samping gubuk kayu dan pohon palem.

Pejabat setempat Daniel Ortega mengatakan bahwa antara 100 hingga 150 ton sampah telah dibersihkan dari pantai, demikian diwartakan RT.

Para pencinta lingkungan telah memberikan peringatan karena sampah dalam jumlah besar secara rutin menyapu pantai di Honduras, termasuk di tempat-tempat seperti Omoa dan pulau wisata Roatan yang indah.

Pejabat Honduras sebelumnya menyalahkan Guatemala atas bencana tersebut. Mereka mengatakan bahwa selama bertahun-tahun limbah telah terbawa ke laut dari Sungai Motagua, Guatemala dan membentuk 'pulau sampah' terapung raksasa yang kemudian menyebar ke Honduras.

Awal bulan ini, Guatemala memperingatkan Honduras bahwa fasilitas perlindungan limbah di Motagua telah berhenti berfungsi sebagaimana mestinya karena curah hujan yang tinggi, dan tidak dapat mencegah sampah mengalir ke Laut Karibia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini