Positif Corona, 11 Ibu Hamil di Yogyakarta Ditempatkan di Shelter Khusus

Kuntadi, Koran SI · Rabu 23 September 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 510 2282408 positif-corona-11-ibu-hamil-di-yogyakarta-ditempatkan-di-shelter-khusus-Tn6RIKZsoJ.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta mengoperasionalkan Rusunawa Bener di Kecamatan Tegalrejo, sebagai shelter bagi penderita Covid-19. Setidaknya ada 19 orang tanpa gejala (OTG) yang akan segera menempati.

“Tahap perdana akan ada 19 OTG yang akan dikarantina, 11 di antaranya ibu hamil,” kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti Rabu (23/9/2020).

Mereka yang akan menghuni bakal dijemput petugas, bukan datang sendiri atau diantar keluarganya. Shelter Tegalrejo ini juga akan dilengkapi dengan beberapa sarana pendukung. Salah satunya tim kesehatan dengan melibatkan dokter dan psikolog untuk melakukan pendampingan.

Penghuni nantinya akan diajak berkegiatan internal agar tidak bosan. Mereka bisa saling bersosialisasi melalui grup WhatsApp. Pasien ini juga akan diajak untuk berolahraga bersama untuk menjaga kebugaran dan mengusir kejenuhan.

“Mereka dikumpulkan di shelter ini supaya proses penyembuhan semakin baik dan tidak menambah penularan. Kita akan buat mereka senang,”kata Haryadi.

Di shelter tersebut juga akan diberlakukan zona infeksius. Setiap orang yang masuk termasuk tenaga kesehatan harus menggunakan APD lengkap. Tidak sembarangan orang bisa masuk dan akan diawasi.

Shelter ini memiliki kapasitas hingga 84 orang. Setidaknya ada 42 unit kamar yang difungsikan dengan kapasitas per kamar dua orang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini