Pesawat Militer Ukraina Jatuh, Tewaskan Setidaknya 25 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 26 September 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 18 2284084

KIEV – Sebuah pesawat An-26 milik militer Ukraina jatuh pada Jumat (25/9/2020) malam menewaskan setidaknya 25 orang. Rekaman dramatis dari lokasi kejadian beredar di media sosial, menunjukkan pesawat tersebut terbakar di sisi jalan.

Militer Ukraina mengonfirmasi pesawat turboprop ersebut jatuh saat hendak mendarat di sebuah lapangan terbang di luar Kota Chuguev. Menurut informasi dari kantor Kejaksaan Ukraina, 25 dari 27 orang di dalamnya tewas.

BACA JUGA: Pesawat Tempur Angkatan Udara Pakistan Jatuh di Punjab

Sebagian besar pesawat tampaknya hancur saat menghantam tanah dan kebakaran yang terjadi setelahnya. Namun, bagian ekor pesawat sebagian tetap utuh, demikian diwartakan RT.

Gubernur wilayah Kharkov, Alexey Kucher awalnya mengatakan bahwa, dari 28 orang dalam pesawat, tujuh adalah perwira militer dan 21 adalah taruna di Universitas Angkatan Udara Nasional Kharkov. Namun, layanan darurat kemudian mengklarifikasi bahwa salah satu kadet tidak diizinkan naik.

BACA JUGA: Pesawat Angkut Militer Rusia Jatuh di Suriah, 32 Orang Tewas

Kucher mengatakan bahwa ada dua orang yang selamat, keduanya terbakar parah, dengan seorang dalam kondisi kritis.

Media lokal mengutip sumber militer yang mengatakan pesawat itu jatuh karena kerusakan mesin. Pilot tersebut diduga melaporkan salah satu mesin mogok sesaat sebelum tabrakan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini