Mendikbud Minta Guru Jadikan Pandemi Covid-19 Sebagai "Laboratorium Bersama"

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 08 Oktober 2020 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 65 2290477 mendikbud-minta-guru-jadikan-pandemi-covid-19-sebagai-laboratorium-bersama-KRb2mKY3Li.png Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Youtube Kemendikbud)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan kunci menghadapi tantangan dalam mengajar selama masa pandemi Covid-19 adalah belajar dan berbagi antar sesama guru.

"Belajar dan berbagi merupakan kunci agar dapat menghadapi tantangan bersama. Tanpa adanya belajar dan berbagi akan mustahil untuk dapat mengatasi semua masalah yang kita hadapi. Terutama di masa pandemi ini," katanya pada Peringatan Hari Guru Dunia tahun 2020 melalui streaming Youtube Kemendikbud, Kamis (8/10).

Alumnus Harvard inipun mengajak seluruh insan pendidikan untuk menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama. Sehingga, katanya, dapat ditemukan solusi serta inovasi pendidikan yang dibutuhkan bangsa ini.

Menurut Nadiem, dia sering menyampaikan bahwa fokus pendidikan adalah untuk murid. Sebab dia percaya bahwa investasi yang paling berharga adalalah investasi untuk sumber daya manusia.

Tidak terkecuali investasi untuk para guru. Jelasnya, melalui kebijakan rektrutmen, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan guru yang terus diperjuangkan Kemendikbud.

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) Arief Rachman mengatakan, tahun 2020 ini dunia menghadapi suatu tantangan. Yaitu pandemi Covid-19 yang juga menciptakan suatu tantangan bagi dunia pendidikan.

''Mudah-mudahan guru akan menjadi cambuk atau pembina yang akan memberikan motivasi-motivasi sehingga tercipta kemampuan yang luar biasa melalui pembelajaran jarak jauh,'' ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini