Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditahan di AS

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 16 Oktober 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 18 2294889 mantan-menteri-pertahanan-meksiko-ditahan-di-as-nIORffzpAG.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

LOS ANGELES - Seorang mantan menteri pertahanan Meksiko telah ditangkap di Amerika Serikat (AS). Menurut pengumumman menteri luar negeri Meksiko pada Kamis (15/10/2020) malam, Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda ditahan di bandara Los Angeles.

Pemerintah Meksiko telah mengonfirmasi kepada BBC bahwa Cienfuegos ditangkap berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan oleh Administrasi Penegakan Narkoba AS. Menteri luar negeri mengatakan dia berharap diberitahu tentang dakwaan terhadap Jenderal Cienfuegos dalam beberapa jam mendatang.

BACA JUGA: Dituduh Lindungi Kartel Narkoba, Eks Menteri Meksiko Ditangkap di AS

Belum ada detail lebih lanjut yang dirilis.

Jenderal Cienfuegos, (72), menjabat sebagai menteri pertahanan Meksiko dari 2012 hingga 2018, di bawah Presiden Enrique Peña Nieto.

Perannya sebagai anggota paling senior angkatan bersenjata berarti dia memainkan peran kunci dalam perang melawan narkoba di Meksiko. Tetapi ada tuduhan keterlibatan antara negara bagian dan kartel obat bius yang kuat di Meksiko selama masa kepresidenan Peña Nieto, demikian dilaporkan BBC.

Awal tahun ini, salah satu penasihat terdekat mantan presiden diekstradisi ke Meksiko dari Spanyol atas tuduhan korupsi.

Emilio Lozoya, mantan bos perusahaan minyak negara Meksiko Pemex, dituduh menerima suap USD10 juta dari sebuah perusahaan konstruksi Brasil yang mengaku telah membayar politisi Amerika Latin. Dia membantah melakukan kesalahan.

Pemimpin Meksiko saat ini, Andrés Manuel López Obrador, berusaha untuk mencabut kekebalan mantan presiden Peña Nieto dari tuntutan.

Jenderal Cienfuegos bukanlah mantan menteri Meksiko pertama yang ditangkap di AS.

BACA JUGA: Lopez Obrador: Raja Narkoba Meksiko Dulu Punya Kekuasaan Setara Presiden

Desember lalu, mantan Menteri Keamanan Genaro García Luna didakwa menerima suap dari kartel narkoba.

García Luna, yang merupakan kepala keamanan tertinggi Meksiko dari 2006 hingga 2012, saat ini diadili di New York, dituduh mengizinkan kartel Sinaloa dari "El Chapo" Guzman untuk beroperasi di Meksiko dengan imbalan jutaan dolar.

Dia menyangkal semua tuduhan terhadapnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini