Pejabat India Klaim Chip Kotoran Sapi Bisa Kurangi Radiasi Ponsel

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 16 Oktober 2020 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 18 2294919 pejabat-india-klaim-chip-kotoran-sapi-bisa-kurangi-radiasi-ponsel-yywbyBDvCI.jpg Ketua RKA India, Vallabhbhai Kathiriya mempromosikan chip kotoran sapinya. (Foto: Twitter/ANI)

SEORANG pejabat India baru-baru ini memicu kontroversi setelah mempromosikan “chip” dari kotoran sapi yang diklaim dapat mengurangi radiasi ponsel dan melindungi penggunanya dari penyakit.

“Kotoran sapi itu anti radiasi. Jika Anda membawa pulang ini dan meletakkannya di (pada) ponsel Anda, itu (ponsel) akan menjadi bebas radiasi,” demikian kata Ketua Badan Federal di Bidang Peternakan India (RKA), Vallabhbhai Kathiria dalam konferensi pers, sebagaimana dilansir ANI.

BACA JUGA: Politikus India Sebut Urine dan Kotoran Sapi Dapat Membunuh Virus Korona

“Anda dapat menguji keefektifannya di laboratorium mana pun dan bahkan di perguruan tinggi,” tambahnya

Chip yang dinamakan 'Gausatva Kavach' itu disebut dibuat oleh Shrijee Gaushala (penampungan sapi) yang berbasisdi Rakjot sebagai bagian dari inisiatif untuk mempromosikan produk kotoran sapi.

Tujuannya adalah agar 500 gaushala menghasilkan chip kotoran sapi anti-radiasi, yang harganya antara Rs50 (sekira Rp 10.000) dan Rs100 (Rp 20.000). Melalui Rashtriya Kamdhenu Aayoghe (RKA), badan federal di bidang peternakan, Pemerintah India ingin mempopulerkan chip kotoran sapi di India,

Para ilmuwan mempermasalahkan pernyataan Kathiria, mengatakan bahwa tes ilmiah yang ketat, termasuk studi peer review, akan diperlukan untuk membuktikan kualitas penyerap radiasi dari kotoran sapi.

BACA JUGA: Jual Urine dan Kotoran Sapi di Tengah Wabah COVID-19, Pria India Ditangkap

Banyak orang Hindu percaya produk sampingan sapi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, tetapi sebagian besar klaim masih belum teruji oleh sains modern. Namun, hal itu tidak menghentikan orang-orang seperti Kathiria untuk mempromosikan kotoran sapi sebagai produk ajaib.

“Kotoran sapi akan melindungi semua orang, ini anti radiasi… Telah dibuktikan secara ilmiah… Ini adalah chip radiasi yang dapat digunakan pada ponsel untuk mengurangi radiasi. Itu akan diamankan dari penyakit,” katanya.

Klaim Kathiria juga membuatnya jadi bahan olok-olok di internet, dengan warganet menyarankan pemerintah menghemat banyak uang dengan menggantikan teknologi anti radiasi di negara itu dengan chip kotoran sapi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini