Protes Berakhir Rusuh, 2 Gereja di Chile Dibakar Habis Demonstran

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 19 Oktober 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 18 2296140 protes-berakhir-rusuh-2-gereja-di-chile-dibakar-habis-demonstran-a5Znhfcupl.jpg Foto: Twitter.

SANTIAGO – Demonstrasi di Ibu Kota Chile, Santiago pada Minggu (18/10/2020) ditandai dengan kehancuran dua gereja setelah protes yang awalnya berlangsung damai, akhirnya dirusak oleh kekerasan, vandalisme dan penjarahan. Protes tersebut terjadi sepekan menjelang referendum konstitusi yang akan datang di negara itu, yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober.

Dilaporkan AFP, salah satu gereja, yang terletak dekat dengan Plaza Italia, "dibakar habis saat pengunjuk rasa berkerudung bersorak", sementara gereja kedua, yang juga rusak karena dibakar, mengalami penjarahan.

Tempat ibadah yang "hancur total", Gereja Asumsi, dilaporkan dikenal sebagai "paroki seniman" dan dibangun pada 1876.

Unjuk rasa di Santiago terjadi sekira sepekan menjelang referendum yang akan datang mengenai penulisan ulang konstitusi negara, yang merupakan salah satu tuntutan utama dari gerakan protes yang dimulai tahun lalu.

Pada Oktober 2019, pemerintah Chile menaikkan tarif kereta bawah tanah, memicu gelombang protes yang menghasilkan kerusuhan dan bentrokan dengan polisi ketika orang-orang di seluruh negeri turun ke jalan untuk menuntut pendidikan dan perawatan kesehatan gratis yang layak, serta memprotes upah rendah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini