Siswa SMA Pradita Dirgantara Raih Medali Emas Lomba FIKSI 2020

Tim Okezone, Okezone · Minggu 25 Oktober 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 65 2299173 siswa-sma-pradita-dirgantara-raih-medali-emas-lomba-fiksi-2020-MCNUXuexn6.jpg Dheyang Annisa dan Hidayah Sulistio. (Foto: Dok Humas SMA Pradita Dirgantara)

BOYOLALI - Klana.it, hasil karya yang dibuat oleh Dheyang Annisa Widayanti dan Hidayah Sulistio Jati, dua siswi kelas XII SMA Pradita Dirgantara berhasil meraih medali emas kategori bidang desain grafis dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020.

FIKSI 2020 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bekerjasama dengan Yayasan Ruang Inspirasi Muda.

Dikutip dari website resmi FIKSI, festival tingkat nasional yang pada tahun 2020 dilaksanakan secara daring ini diharapkan menjadi wadah untuk generasi muda Indonesia, khususnya siswa SMA sederajat untuk dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Festival dengan tema “5Preneur (People, Planet, Prosperity, Peace & Partnertship)” menetapkan seleksi secara bertahap yaitu seleksi rencana bisnis, seleksi presentasi dan wawancara dengan puncaknya adalah ekspo atau pameran produk inovasi untuk pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitas siswa yang memiliki nilai jual.

Dok Humas SMA Pradita Dirgantara

Klana.it merupakan inovasi kewirausahaan di bidang desain grafis yang mengangkat tema budaya Solo Raya dalam bentuk produk new normal starter kit, terdiri dari masker, pouch, tumblr, totebag dan sarung tangan.

Dheyang Ketika menjelaskan, persiapan dilakukan mulai dari bulan Juli, dengan menentukan konsep, yaitu flat design dan budaya Solo melalui aplikasi Adobe Illustrator dan Medibang Paint. Persiapan juga dilakukan pada pembuatan video teaser sesuai dengan ketentuan dari FIKSI.

Baca juga: Siswa SMA Pradita Dirgantara Raih Medali Perak Bidang Fisika di KSN 2020

“Sosialisasi mengenai Expo dan Virtual Web dilaksanakan pada saat semifinal. Guru Kewirausahaan SMA Pradita DIrgantara, mendampingi pada saat pembuatan proposal usaha, membuat berbagai desain secara digital, proses produksi sampai menjadi barang siap pakai dan masuk ke tahap final serta expo FIKSI secara online. Termasuk juga persiapan untuk presentasi dan wawancara di depan juri secara virtual” ujar Dheyang.

Dok Humas SMA Pradita Dirgantara

Dheyang mengaku tak menyangka dapat mendali emas dalam festival ini. Dia bercerita, Klana.it didirikan karena adanya lomba FIKSI 2020 ini. Ide new normal starter kits by klana.it didapat dari tema lomba FIKSI. Nama Klana.it berasal dari kata kelana, dengan harapan ke depan Klana.it tidak hanya akan mengangkat motif Solo Raya saja, namun juga motif seluruh Indonesia untuk memperkenalkan serta melestarikan kebudayaan lokal di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara, Dr. Yulianto mengatakan, siswa di sekolahnya selalu diajak untuk mengenali minat dan bakat serta dibimbing untuk dapat survive dan berkontribusi di kehidupan nyata. Siswa diajarkan untuk berpikir secara kritis mengenai masalah-masalah yang mereka temukan di sekitarnya, membuat critical essay dari hasil pemikiran kritis lalu diaplikasikan dalam bentuk project based learning.

“Hal ini memberikan kesempatan pada siswa untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan melalui pemecahan masalah dan investigasi. Klana.it sendiri menunjukkan bahwa siswa telah mampu menerapkan inti pembelajaran di SMA Pradita Dirgantara. Diharapkan siswa SMA Pradita Dirgantara menjadi orang-orang yang berpikiran kritis dan inovatif dalam memecahkan masalah, mempunyai dasar global mindset, global leadership yang diakui secara internasional tapi tetap menghormati alam serta budayanya,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini