Ganti UN dengan AN, Kemendikbud Klaim Sudah Sosialisasi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 65 2300548 ganti-un-dengan-an-kemendikbud-klaim-sudah-sosialisasi-AvIoy06zZq.jpg Ujian nasional. (Foto : Ilustrasi/Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengganti standar kelulusan dari Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2021.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na'im menyatakan kebijakan AN tentunya tidak akan sama dengan UN. Dalam sistem AN, siswa akan dievaluasi oleh guru ataupun pihak sekolah.

β€œNah jadi asesmen yang ganti UN tentu tidak sama dengan UN. Yang evaluasi siswa adalah guru atau sekolah. Karena guru yang tahu dan siswa dievaluasi secara komprehensif,” kata Ainun dalam konferensi virtual, Selasa (27/10/2020).

Di sisi lain, Ainun mengklaim, pihaknya sudah mulai menyosialisasikan AN. Seperti halnya menyampaikan kepada Komisi X DPR RI ataupun berbagai forum lainnya.

"Sebetulnya sekarang sudah mulai proses sosialisasi. Mas Menteri (Nadiem Makarim) sering menyampaikanya baik ke Komisi X atau dalam berbagai forum," katanya.

Lebih lanjut, Ainun memaparkan terkait jadwal sosialisasi AN yang lebih luas pihaknya akan menyelenggarakan dalam waktu dekat ini.

Baca Juga : Momen Haru Wisudawan Pasang Topi Toga di Makam sang Ayah

"Nanti (jadwal sosialisasi) kita sampaikan secara lebih lanjut,” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini