Kronologi Sutejo Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor Lalu Hendak Dikubur Sendiri

Bramantyo, Okezone · Jum'at 30 Oktober 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 512 2301712 kronologi-sutejo-bawa-jenazah-ibunya-pakai-motor-lalu-hendak-dikubur-sendiri-GnLTxqsHsD.jpg Foto: Tangkapan layar video viral.

BOYOLALI - Aksi Sutejo membawa jenazah ibunya di atas beronjong sepeda motor masih ramai dibicarakan. Pro dan kontra pun terjadi di masyarakat. Ada yang memaklumi tindakannya karena Sutejo menderita gangguan jiwa. Namun tak sedikit yang menyesalkan mengapa tetangga sekitar tak mencegah tindakan Sutejo.

Informasi yang didapat, ibu Sutejo, Ginem Suharti (80) sehari-hari tinggal bersama putrinya bernama Sri Sumiyati di Dukuh Bantulan RT 3 RW 4, Kelurahan Jembungan, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Karena usianya sudah lanjut, Ginem Suharti pun sering sakit, sebelum mengembuskan napas terakhirnya. 

Mengetahui ibunya meninggal, anak lelaki Ginem Suharti, Sutejo membawa jenazah ibunya yang ditutupi kain jarik, menggunakan sepeda motor, dari Dukuh Bantulan menuju Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo. Rencananya jenazah ibunya itu akan dimakamkan di kebun milik sendiri. 

Aksi nekat ini baru ketahuan, saat ia meminjam cangkul kepada warga yang berada di sekitar kebun. Mereka menaruh curiga dan kemudian membuntuti hingga akhirnya terkuak ternyata Sutejo hendak menggali tanah menguburkan ibu kandungnya.

Baca juga: Viral 2 Wisatawan Terjun dari Atas Tebing dan Nyaris Tergulung Ombak

Melihat kejadian itu warga lantas membujuk Sutejo agar membawa jenazah ibunya ke rumah duka terlebih dulu di Dusun Selorejo untuk dilakukan prosesi pemakaman yang layak.

Mengingat saat dibawa menggunakan bronjong jenazah belum dimandikan, bahkan masih menggenakan pakaian lengkap, maka setelah disucikan baru kemudian dimakamkan warga sekitar di makam Dukuh Sucen Timur, Desa Kedunglengkong. 

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Boyolali Iptu Ahmad Masdar Tohari saat dikonfirmasi membenarkan rekaman video kejadian tersebut. Jenazah diletakkan di atas bronjong sepeda motor terekam di kawasan simpang empat Kecamatan Simo.  

"Jadi orang yang membawa jenazah itu ada gangguan jiwa. Jenazah itu mau dimakamkan sendiri oleh anaknya. Karena warga curiga kemudian ditolong, disucikan dan dimakamkan," ucapnya, Jumaat (30/10/2020).

Kabar adanya jenazah diangkut menggunakan sepeda motor ini viral di medsos. Rekaman video perjalanan Sutejo membawa jenazah ibunya, salah satunya diunggah akun Instagram @info_cegatan_boyolali. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini