Aktivitas Vulkanik Merapi Naik, Wisata & Penambangan Ditutup

Taufik Budi, Okezone · Kamis 05 November 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 512 2304932 aktivitas-vulkanik-merapi-naik-wisata-penambangan-ditutup-koRzJ67FCg.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi peringatan keras untuk tidak ada aktivitas wisata maupun penambangan di kawasan Gunung Merapi. Sebab mulai hari ini, Kamis (5/11/2020) statusnya naik menjadi level III (Siaga).

“Semuanya (wisata dan penambangan) kita berikan peringatan keras. Jangan beraktivitas dulu selama ada peningkatan (status menjadi Siaga),” kata Ganjar kepada awak media.

Meski demikian, dia mengimbau warga sekitar tidak panik dengan peningkatan status Merapi. Warga juga dinilai telah memahami jika aktivitas Merapi meningkat. Terlebih petugas dari BPBD Jateng bersama BPBD setempat akan terus melakukan pendampingan kepada warga.

“Tidak usah panik, saya kira kawan-kawan warga yang ada di sekitarnya sudah cukup paham kondisi yang ada di sana sehingga tinggal kita dampingi saja wabil khusus dari BPBD agar nanti mereka bisa memberikan informasi sedini mungkin,” ungkapnya.

“Kalau masyarakat terdekat pasti sudah sangat paham soal ini. Hanya tinggal bersama-sama, kita saling mengingatkan, saling memantau. Siapkan alat transportasi, agar barang berharga nanti bisa dibawa ke tempat pengungsian,” lugas dia.

Baca Juga : Status Merapi Siaga, Kelompok Rentan dan Ternak Diungsikan Lebih Awal

Selain itu, semua peralatan deteksi dini diminta untuk diaktifkan agar bisa memberi peringatan kepada warga jika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Pemerintah dipastikan akan terus hadir di tengah masyarakat.

“Jangan lupa early warning system, peralatan peringatan dini yang ada di sana di-on-kan semua, dipantau semua. Kalau tidak ada yang sifatnya tradisional juga harus disiapkan. Maka seluruh pemerintahan sampai tingkat desa bahkan RT, RW yang ada di sana kita minta untuk siaga membantu warganya,” pungkas Ganjar.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini