Dikira Jantung Pisang, Ibu Ini Potong Bunga Bangkai untuk Disayur

Iskandar Nasution, iNews · Kamis 12 November 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 340 2308358 dikira-jantung-pisang-ibu-ini-potong-bunga-bangkai-untuk-disayur-riW7zVeEdu.jpg Suhada tak sengaja menemukan Bunga Bangkai (Foto: Iskandar Nasution)

CILEGON - Seorang petani di Kampung Pancuran, Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten menemukan Bunga Bangkai di tengah hutan, dan membawanya pulang. Bunga Bangkai sempat dikira jantung pisang, dan nyaris dimasak.

Video amatir yang memperlihatkan petani tersebut menemukan Bunga Bangkai sempat viral di media sosial. Warga yang mengetahui adanya bunga langka tersebut langsung datang berbondong-bondong ke lokasi untuk berswa foto.

Karena melihat keanehan bunga bernama latin amorphophallus titanum tersebut, petani tersebut akhirnya mengurungkan niatnya untuk mengolah Bunga Bangkai tersebut.

Baca Juga:  Mengharukan, Momen Syekh Ali Jaber Peluk dan Cium Tangan Pemulung yang Ngaji di Trotoar

Bagi warga, meski sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di tempat ini, baru pertama kali mereka melihat Bunga Bangkai mekar di pinggir tebing tengah hutan. Saat ini, ada tiga Bunga Bangkai yang tumbuh dan baru 2 bunga yang mekar.

"Saya kira bukan bunga bangkai jadinya saya potong," ujar penemu Bunga Bangkai, Suhada, Kamis (12/11/2020).

Bunga Bangkai 

Menurut Suhada, saat itu dirinya baru selesai mencari jamur di tengah hutan. Kemudian, dirinya mendapatkan bunga berwarna merah yang cukup besar. Awalnya mengira bunga tersebut adalah jantung pisang yang jatuh ke tanah. Bunga Bangkai langsung dipotong dan dibawa pulang.

Menurut salah seorang pengunjung, Saniah, dirinya merasa penasaran untuk melihat Bunga Bangkai yang termasuk bunga langka di dunia. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh di tengah hutan, dan menyusuri pinggir tebing yang curam, namun dirinya akhirnya berhasil sampai dan berakhir dengan berswa foto dengan bunga tersebut.

"Seumur-umur saya baru kali ini melihat bunga seperti ini," ujarnya.

Baca Juga:  Viral! Bocah Dipasung dan Dilakban Tantenya, Polisi Tangkap Pelaku

Saat ini, tanaman asli Sumatera, Indonesia itu dirawat dan dijaga oleh Suhada. Rencananya bunga tersebut akan dibiarkan tumbuh sampai akhirnya mati.

Bunga Bangkai termasuk suku talas-talasan atau araceae, sehingga memiliki umbi. Tanaman ini dapat tumbuh besar setinggi orang dewasa, dan bunganya mengeluarkan bau seperti bangkai, yang nantinya akan mengundang serangga untuk masuk ke dalam bunga tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini