Layanan OTA yang Bisa Dimanfaatkan untuk Liburan Nyaman #DiIndonesiaAja

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Sabtu 14 November 2020 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 1 2309402 layanan-ota-yang-bisa-dimanfaatkan-untuk-liburan-nyaman-diindonesiaaja-AxnFMee7RE.jpg Grojogan Watu Purbo, Yogyakarta (Okezone)

JAKARTA-Industri pariwisata #DiIndonesiaAja ikut terdampak akibat penyebaran virus Corona (COVID-19). Beberapa daerah sudah mulai membuka kunjungan wisatawan. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik. Perlu dicatat bahwa sebelum berkunjung, pastikan kamu paham dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga mengecek suhu tubuh.

Di samping itu, wisata #DiIndonesiaAja harus menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability (CHSE) yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Jika berencana mengunjungi wisata Yogyakarta dalam waktu dekat, kamu bisa memanfaatkannya dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik di Yogyakarta. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluarkan dua aplikasi baru untuk wisatawan, yaitu Jogja Pass dan Visiting Jogja. Dua aplikasi ini sedang diujicoba untuk masyarakat yang berada di DIY dan hendak pergi ke tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, sebelumnya aplikasi ini bernama Cared+ Jogja dan Plesiran Jogja, lalu kemudian berganti menjadi nama Jogja Pass dan Visiting Jogja. Ketika kamu berencana mengunjungi Yogyakarta dapat mengunjungi Grojogan Watu Purbo. Tempat wisata yang terkenal akan air terjun enam tingkatnya ini terletak di Dukung Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan bisa berswafoto ria berlatar belakang air terjun ikonik tersebut. Tepat di bawah air terjun terdapat beberapa bebatuan besar yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk. Setiap tingkat dapat ditelusuri oleh wisatawan. Jika ingin melihat air terjun dari sisi lain, kamu bisa menghampiri jembatan dekat air terjun, atau dari tepi kolam air yang dipenuhi rerumputan.

Wisata di Semarang juga tidak kalah eksotis. Sebagian besar orang pasti akan menyebut Lawang Sewu sebagai destinasi wisata menarik sekaligus favorit. Sebagai ikon wisata kota Semarang, Lawang Sewu hampir bisa dipastikan akan selalu ada dalam daftar wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dulunya difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api/trem (Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij/NIS). Karena desain bangunannya yang terdiri dari banyak pintu dan jendela besar yang menyerupai pintu, bangunan ini kemudian disebut dengan “Pintu Seribu” yang dalam bahasa Jawa disebut Lawang Sewu.

 

Lawang Sewu Semarang (Okezone)

Liburan nyaman bisa kamu dapatkan lewat layanan online travel agent (OTA) yang bisa diakses lewat genggaman tangan dengan berbagai fitur praktis untuk diakses setiap saat. Pesan tiket pesawat online memang sudah jadi pilihan banyak orang. Kamu enggak perlu lagi beli tiket ke travel agent atau pergi ke kantor maskapai buat pilih jadwal penerbangan yang cocok untuk kebutuhanmu. Ya, layanan online travel agent (OTA) memang bikin kebutuhan beraktivitas jadi semudah itu.

Pertumbuhan OTA di Indonesia belakangan ini semakin tinggi seiring dengan perubahan perilaku konsumen yang cenderung dinamis. Pertumbuhan OTA juga memberikan dampak positif terhadap industri pariwisata di Indonesia. Pasalnya, OTA bisa menarik wisatawan domestik dan mancanegara, sekaligus mempromosikan destinasi wisata. Penggunaan layanan OTA sangat mudah dan cepat.

Kamu tidak perlu mendatangi lokasi tertentu untuk mengaksesnya. Cukup pastikan kamu memiliki perangkat ponsel pintar yang sudah terhubung dengan internet. Tampilannya yang sederhana dengan petunjuk yang juga sederhana memudahkan pengunjung mencari akomodasi sesuai waktu perjalanan yang diinginkan. Sehingga mudah dalam merencanakan family vacation. Misalnya kamu sedang mencari tiket pesawat atau hotel di marketplace, tampilan OTA yang langsung memunculkan kolom pencarian bisa langsung digunakan dan cukup dengan memasukkan kota asal dan tujuan, tanggal penerbangan, serta jumlah penumpang. Setelah menekan enter, beberapa saat kemudian kamu akan diberikan daftar pilihan waktu penerbangan, serta alternatif maskapai lain beserta harga.

 

Reservasi online saat akan berwisata kian menjadi tren (rctiplus.com)

Tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan kamu, lalu lanjutkan dengan memasukan data pribadi, dan melakukan konfirmasi. Setelahnya muncul nominal yang harus dibayar. Setelah kamu bayar, tinggal tunggu tiket elektronik dikirimkan ke email kamu. Sangat mudah dan cepat. Hemat biaya, hemat tenaga, dan tentunya hemat waktu. Kamu bisa mengakses layanan online dari website maupun aplikasi biar enggak ketinggalan info liburan yang nyaman. Enggak perlu berebut tiket, bisa dapat harga promo yang murah, dan yang penting tiketnya enggak bakal hilang karena ada e-ticket di email dan aplikasi. Biar lebih efisien pakai layanan OTA, berikut ini fitur yang bisa kamu manfaatkan.

1. Promo

Buat kamu yang sudah bikin akun di marketplace, kamu bisa cek tiket pesawat terbaru kapan saja. Namun, akan lebih praktis kalau kamu bisa beli tiket terbaru dengan harga terbaik dengan mengaktifkan notifikasi promo dari aplikasi yang sudah diunduh di smartphone. Jadi, saat ada penawaran harga tiket pesawat atau penginapan untuk liburan, bisa langsung beli.

2. Cicilan kerja sama bank

Nah, buat kamu yang sudah menantikan waktu liburan, tapi masih kepepet sama tabungan, bisa manfaatkan promo cicilan dari OTA. Kalau kamu lihat di halaman promo, biasanya akan banyak penawaran menarik dari berbagai layanan bank yang bisa kamu manfaatkan untuk beli tiket dengan harga miring. Meskipun bayar pakai kartu kredit, kamu malah bisa mendapatkan keuntungan mencicil dengan bunga nol persen atau malah dapat potongan harga langsung. Ya, kamu hanya perlu memastikan limit kartu kredit kamu masih cukup buat beli tiket saja.

3. Paket pembelian akomodasi

Liburan nyaman tentunya harus didukung dengan fasilitas terbaik. Mulai dari akomodasi perjalanan, transportasi, dan penginapan. Ada beberapa marketplace, kamu bisa beli tiket liburan, sekaligus beli paket pesawat dan hotel. Jadi, biaya akhir yang harus dibayarkan bisa lebih murah. Kamu juga enggak perlu kesulitan lagi cari hotel, akan ada rekomendasi otomatis di kota tujuan. Tinggal pilih fasilitas hotel yang kamu inginkan, pembayarannya bisa dilakukan sekaligus sehingga memudahkan kamu untuk menghitung biaya liburan.

4. Pembelian ekstra bagasi

Meskipun berniat liburan, kadang sekaligus buka jasa titip (jastip) lagi tren di kalangan milenial. Mungkin kamu salah satu yang ingin buka jastip sekalian liburan. Memang sih, kalau kamu jago mengatur harga, bisa dapat keuntungan yang lumayan. Nah, jangan lupa pesan bagasi buat pulang, nih. Jadi, kalau ada barang-barang berupa cairan yang dijadikan titipan, tinggal masukkan ke dalam koper dan simpan di bagasi. Kalau memang sudah berniat bawa banyak barang habis liburan, langsung pesan extra baggage saat pembelian tiket. Ya, layanan OTA juga sudah mengakomodasi layanan bagasi saat beli tiket pesawat.

Itulah beberapa Layanan OTA yang bisa dimanfaatkan untuk liburan nyaman #DiIndonesiaAja. Di samping kemudahan yang didapat dari layanan OTA, wisatawan juga akan mencari pengalaman melalui aktivitas yang menarik selama berwisata. Wisatawan saat ini diprediksi lebih mencari referensi tempat wisata yang dirasa cukup memadai. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata ke berbagai daerah, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat sedang berwisata #WonderfulIndonesia. Kamu bisa mendapatkan berbagai referensi wisata di sini.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini