Kebakaran Sumur Minyak di India Akhirnya Dipadamkan Setelah 5 Bulan

Agregasi VOA, · Senin 16 November 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 18 2310400 kebakaran-sumur-minyak-di-india-akhirnya-dipadamkan-setelah-5-bulan-IUL6j9cUsK.jpg Para petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang berkobar di sumur minyak milik Oil India di Dikom, Negara Bagian Assam, India, 9 Juni 2020. (Foto: AP)

KEBAKARAN di sebuah sumur minta di India timur laut akhirnya berhasil dipadamkan setelah lima bulan berkobar, demikian disampaikan para pejabat, Minggu (15/11/2020).

Para insinyur Oil India telah berusaha memadamkan api di Negara Bagian Assam sejak ledakan terjadi pada Juni, beberapa minggu setelah sumur itu mulai menyemburkan gas alam dalam jumlah besar.

Dua karyawan badan usaha milik negara (BUMN) itu meninggal dalam ledakan tersebut. Seorang pekerja ketiga meninggal pada September setelah sebuah kecelakaan di lokasi itu.

BACA JUGA: Sumur Minyak di Jambi Terbakar, Terdengar Ledakan 4 Kali

Para pakar dari Singapura, Amerika Serikat (AS) dan Kanada bekerja sama untuk mengendalikan kebakaran itu. Seorang juru bicara Oil India Tridiv Hazarika mengatakan pada Minggu bahwa kebakaran itu telah "berhasil dipadamkan sepenuhnya."

"Sumur itu telah diatasi dengan disiram larutan air garam dan kini telah terkendali sepenuhnya," katanya kepada AFP. Dia menambahkan bahwa sumur itu belum ditutup.

"Kini sudah tidak ada tekanan di sumur itu dan sekarang akan diobservasi selama 24 jam untuk memeriksa apakah masih mengeluarkan gas dan tekanan," kata Hazarika.

BACA JUGA: ISIS Bakar Ladang Minyak, Asap Hitam Pekat Selimuti Mosul

Ribuan warga desa di Distrik Tinsukia telah direlokasi ke kamp-kamp penampungan setelah kebakaran merebak.

Menurut laporan keuangan triwulan yang dirilis pekan lalu, bencana itu telah menyebabkan Oil India menderita kerugian lebih dari USD30,5 juta hingga September.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini