Amerika Menyetujui Kit Uji Mandiri COVID-19

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 18 November 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 18 2311724 amerika-menyetujui-kit-uji-mandiri-covid-19-1F5mwilEX5.jpg Foto: Okezone

WASHINGTON D.C. - Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui kit uji mandiri COVID-19 pertama untuk digunakan di rumah yang memberikan hasil dalam waktu 30 menit.

FDA mengatakan tes sekali pakai, yang dibuat oleh Lucira Health ini telah mendapatkan otorisasi penggunaan darurat untuk digunakan di rumah dengan sampel usap hidung yang dikumpulkan sendiri pada individu berusia 14 tahun ke atas yang diduga COVID-19 oleh penyedia layanan kesehatan terkait.

“Meskipun tes diagnostik COVID-19 telah diizinkan untuk diambil di rumah, ini adalah yang pertama yang dapat dilakukan sendiri sepenuhnya dan memberikan hasil di rumah,” terang Komisaris FDA Stephen Hahn, dikutip Reuters.

Kit ini juga dapat digunakan di rumah sakit dan tempat perawatan tetapi sampel harus dikumpulkan oleh penyedia layanan kesehatan jika individu yang diuji berusia kurang dari 14 tahun.

Meskipun serangkaian berita positif baru-baru ini dari Moderna Inc dan Pfizer Inc tentang vaksin telah meningkatkan harapan dalam memerangi virus itu, namun pengujian masih menjadi faktor kunci dalam mengendalikan penyebaran virus.

“Kami berharap dapat bekerja secara proaktif dengan pengembang pengujian untuk mendukung ketersediaan lebih banyak opsi pengujian di rumah” ujar Direktur Pusat Perangkat dan Kesehatan Radiologi FDA, Jeff Shuren.

Amerika Serikat diketahui mencatat hingga 11 juta total infeksi COVID-19 pada Minggu (15/11), hanya delapan hari setelah mencapai angka 10 juta.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini