Masuk Permukiman Warga, Monyet Liar Ini Ditembak Bius

Suhardian, iNews · Kamis 19 November 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 340 2312425 masuk-permukiman-warga-monyet-liar-ini-ditembak-bius-3IC8DIMJjJ.png Petugas Animal Rescue Banjarmasin melumpuhkan monyet dengan bius. (Foto: tangkapan layar)

BANJARASIN - Seekor monyet liar masuk ke permukiman warga di Kelurahan Basirih Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (18/11/2020). Warga pun merasa terganggu, karena perilakunya yang mengacak-ngacak pakaian untuk mencari makanan.

Demi keamanan warga, terpaksa petugas dari Animal Rescue Banjarmasin melumpuhkan hewan primata itu dengan tembakan bius.

(Baca juga: Warga Bekasi Kembali Digegerkan Kemunculan Ular Kobra)

Dewi, salah seorang warga mengakui, kehadiran monyet di pemukiman sudah terlihat tiga hari ini. Mereka mengaku takut dan terganggu dengan aksi beringas hewan liar itu. “Monyet itu mencari-cari makan dan mengacak-acak pakaian,” kata Dewi, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu, drh Anang Dwi Jatmiko tim Medik Veteriner DKP3 Banjarmasin mengatakan, pihaknya terpaksa melumpuhkan hewan primata dengan bius demi kenyamanan warga. “Usai diamankan, monyet liar yang terpisah dari kelompoknya itu akan dilepasliarkan ke habitat aslinya,” kata Jatmiko.

(Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi Dilakukan di 44 Puskesmas)

Diduga, monyet tersebut masuk permukiman warga lantaran rusaknya habitat, karena makin banyaknya pembangunan perumahan di wilayah tersebut. (Don)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini