Wisata Petualangan di Lombok

Yaomi Suhayatmi, · Sabtu 21 November 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 1 2313611 wisata-petualangan-di-lombok-dHWo3cIpUI.jpg Foto : Dok.Okezone

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi wisata alam yang beragam. Keindahan alam #DiIndonesiaAja sudah tersohor tidak hanya oleh wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. Pemerintah dengan berbagai regulasinya telah berupaya untuk mendukung berkembangnya potensi pariwisata di seluruh pelosok negeri.

Salah satu potensi wisata alam Indonesia yang saat ini sedang digandrungi, yaitu Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok terdiri dari beberapa pulau, yang pulau utamanya dikelilingi oleh beberapa pulau-pulau kecil. Biasa disebut Gili oleh masyarakat setempat. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor betapa keindahan wisata di Lombok begitu dikagumi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengatakan, empat destinasi wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah dibuka kembali secara bertahap sejak 27 Juni 2020, yakni tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air), kawasan Rinjani non-pendakian, kawasan wisata Senggigi dan Mandalika. Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas saat berwisata di Lombok, seperti diving, freediving, scuba diving, mountain hiking, dan lain sebagainya.

Kegiatan berwisata di Lombok juga harus menjalankan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability), serta menjadi kebutuhan wisatawan. Bagi kamu yang menyukai petualangan alam, Lombok menjadi tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi. Berbagai wisata alam di Lombok sangat beraneka ragam. Berikut beberapa tempat wisata petualangan di Lombok:

1. Snorkling, Diving, hingga Freediving di Pantai Tanjung Aan

Bagi kamu yang memiliki hobi traveling, pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata petualangan di Lombok, yaitu Pantai Tanjung Aan. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan berupa hamparan pasir bertekstur unik seperti merica. Pantai ini juga dikelilingi oleh barisan bukit-bukit kecil yang semakin menambah keelokan Pantai Tanjung Aan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di pantai ini selain berfoto dengan latar pemandangan dan barisan bukit yang indah, pengunjung juga bisa snorkling, diving, hingga freediving dengan peralatan yang bisa disewa di kios-kios sekitar pantai. Terdapat ayunan dari bilahan kayu yang disusun sedemikian rupa, yang menancap di tengah-tengah air laut dangkal. Spot ayunan kayu Tanjung Aan ini merupakan tepat yang cocok untuk dijadikan tempat instagrammable.

Foto: Dok Pedomanwisata.com

2. Hiking dan Menjumpai Monyet Jinak di Hutan Baun Pusuk

Wisata Baun Pusuk Lombok ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan indahnya wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hutan ini adalah objek wisata yang merupakan hutan wisata dan masuk dalam bagian Taman nasional Gunung Rinjani. Hutan membentang di kaki Gunung Rinjani. Tidak perlu khawatir kelelahan ketika kamu hiking, karena sudah tersedia pendopo-pendopo kecil untuk istirahat, atau yang disebut dengan Berugak.

Di Hutan Baun Pusuk, pengunjung akan disuguhi dengan pemadangan alam dengan hamparan perbukitan yang indah dan memukau. Sekitar kawasan hutan ini kamu juga akan menjumpai monyet-monyet yang jinak. Di sepanjang perjalanan menuju kawasan Baun Pusuk, kamu juga akan menemukan minuman tradisional masyarakat sekitar, yaitu tuak manis. Tuak manis ini pas untuk pelepas dahaga saat hiking.

Foto: Dok Pagitrans.com

3. Berburu Sunset di Bukit Malimbu

Satu lagi kawasan wisata petualangan di Lombok yang bisa menjadi referensi kamu untuk berwisata menikmati alam yang indah, yaitu Bukit Malimbu. Bukit ini berada 10 km dari Pantai Senggigi. Bukit ini menyajikan pemadangan alam atas bukit dengan hamparan laut biru di bawahnya. Jalur yang harus ditempuh untuk sampai di bukit Malimbu adalah sekitar 24 km dari kota Mataram.

Di Malimbu, kamu juga bisa hiking untuk berburu spot foto mengabadikan momen matahari terbenam di sore hari. Jalan untuk mencapai bukit ini cukup menantang dan memiliki tanjakan yang tinggi. Meski demikian, kamu dapat dengan leluasa melihat pemadangan perbukitan yang berjajar di sekitar Malimbu.

Foto: Dok. Okezone

4. Memacu Adrenalin di Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Wisata yang terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram, ini memiliki pemandangan yang eksostis. Pemandangannya yang indah dan airnya sangat jernih dan menyegarkan, membuat penatmu hilang seketika. Di bagian dasar air terjun terdapat cekungan yang besar dan cukup dalam.

Di sini kamu bisa berpetualang dan memacu adrenalin dengan melompat dari ujung air terjun ke kolam yang jernih dan segar. Menuju lokasi air terjun, kamu akan melewati kawasan hutan yang sebagian dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan oleh warga setempat.

Posisi gerbang masuk ke lokasi ini cukup berada di lahan yang tinggi, sehingga untuk menuju ke sana akan menuruni ratusan tingkat anak tangga. Dari gerbang masuk ke Benang Kelambu, kamu akan melalui jalan berkerikil. Sebagian ada yang sudah dibeton. Jalannya cukup lebar. Kamu akan melewati jalan itu yang posisinya membelah perkebunan warga yang mengelola kawasan hutan di sana.

Foto: Dok Travelingyuk.com

5. Berpetualangan di Hutan Mangrove Gili Sulat

Berpetualangan di Hutan Mangrove Gili Sulat sangat menyenangkan. Hutan yang secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur ini memiliki panjang sekitar 5,2 kilometer ini. Di sini kamu bisa menyaksikan hutan bakau yang masih alami dan berbagai spesies burung hidup di hutan tersebut. Salah satunya adalah Burung Bertong atau Burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang mendunia.

Setelah memasuki kawasan ini, kamu akan disambut dengan kicauan burung-burung yang hinggap di atas pepohon bakau. Jika kamu menengok ke bawah, kamu akan menemui bermacam ikan di antara akar-akar bakau. Akar bakau merupakan tempat yang disukai ikan untuk hidup dan bersembunyi. Kamu bisa beristirahat sejenak di ujung jembatan, merasakan keheningan suasana sembari mengisi perut dengan bekal yang kamu bawa.

Foto: Dok Travelmurahlombok.com

Itulah beberapa tempat wisata petualangan di Lombok yang sangat fenomenal. Semoga dapat menginspirasi kamu, yang ingin berwisata alam di Pulau Lombok. Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, hingga mengecek suhu tubuh secara berkala saat berwisata #DiIndonesiaAja Sehingga, liburan kamu semakin menyenangkan dan berkesan. Kamu juga bisa mendapatkan referensi wisata lainnya disini. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini