Wali Kota Malang Sambut Baik Skema Pembelajaran Tatap Muka

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 21 November 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 519 2313739 wali-kota-malang-sambut-baik-skema-pembelajaran-tatap-muka-SesBoEaWlT.jpg Wali Kota Malang Sutiaji (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji menyambut baik diizinkannya kembali pembelajaran tatap muka oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Sutiaji, selama ini di Kota Malang telah menyiapkan skema pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Bahkan sudah sejak Juni 2020 lalu skema dan simulasi tersebut telah dijalankan sekolah - sekolah.

“Kami menyambut baik hal tersebut. Sebelumnya, kami sudah melakukan simulasi di beberapa sekolah SD dan SMP. Serta, kami juga sudah melakukan pendekatan. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 73 persen menghendaki murni tatap muka, 16 persen masih ingin daring dan sisanya fifty-fifty,” ungkap Sutiaji pada Sabtu sore (21/11/2020).

Pria asal Lamongan ini menjelaskan, telah melakukan sosialisasi dan pendekatan terutama kepada wali murid mengenai kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Basik penegakan disiplin yakni punishment. Jika ada yang melanggar (penerapan protokol kesehatan), tidak hanya pihak sekolah saja yang diberi hukuman, tapi wali muridnya juga,” papar dia.

Nantinya, saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka, pihaknya akan menerapkan aturan kapasitas sebesar 50 persen dari total kapasitas yang ada. “Pihak sekolah juga harus menyediakan cuci tangan, mewajibkan penggunaan masker. Serta, satu minggu sekali tempat duduk akan diselang-seling dan juga dilakukan fogging,” bebernya.

Baca Juga : Pemkot Bogor Izinkan Sekolah Tatap Muka 11 Januari, Ini Syaratnya

Dirinya menegaskan mbelajaran tatap muka tersebut tidak menutup kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat. Sehingga, tidak perlu menunggu tahun depan "Tidak perlu tunggu tahun ajaran baru. Kalau bisa, semester ini,” kata dia.

Apalagi, untuk tingkat perguruan tinggi, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah memberikan kelonggaran. Sejumlah kampus telah melakukan wisuda secara tatap muka. “Wisuda sudah kami beri kelonggaran. Beberapa kampus sudah melakukan wisuda secara langsung. Nanti yang lainnya, akan kami minta simulasi dan dicek oleh satgas,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini