WHO Prediksi Gelombang Ketiga Virus Corona di Eropa pada 2021

Senin 23 November 2020 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 18 2314575 who-prediksi-gelombang-ketiga-virus-corona-di-eropa-pada-2021-a4P4c2rtcz.jpg Foto: Reuters.

JENEWA – Di saat Eropa menderita karena gelombang kedua virus corona, utusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) David Nabarro memperingatkan bahwa kawasan itu berpotensi mengalami peningkatan kasus, atau gelombang ketiga virus tersebut.

Dalam wawancara dengan surat kabar Swiss Solothurner Zeitung pada Sabtu (21/11/2020) Nabarro mengatakan bahwa pemerintah Eropa telah gagal membangun infrastruktur yang diperlukan untuk mengendalikan penyebaran virus corona setelah gelombang pertama infeksi pada musim semi.

BACA JUGA: Sebagian Negara di Eropa Masuk Gelombang Kedua Covid-19, Ini Penjelasan IDI

“Sekarang kita memiliki gelombang kedua. Jika mereka tidak membangun infrastruktur yang diperlukan, kita akan memiliki gelombang ketiga awal tahun depan.” Kata Nabarro dalam wawancara itu sebagaimana dilansir RT.

Kasus Covid-19 tengah melonjak di seluruh Eropa, setelah musim panas. Prancis dan Jerman mencatat sekira 33.000 kasus baru, sementara Inggris pada Sabtu melaporkan hampir 20.000. Namun, kematian tetap secara proporsional lebih rendah di seluruh Eropa daripada kematian pada gelombang pertama.

BACA JUGA: Angka Kematian COVID-19 Turun Drastis, Negara-negara Eropa Perbesar Pelonggaran Lockdown

Terlepas dari prediksi Nabarro, WHO telah memperingatkan agar tidak menanggapi pandemi secara terlalu berat. Dalam sebuah pengarahan pada Kamis (19/11/2020), Direktur WHO untuk kawasan Eropa Hans Kluge, menyerukan bahwa "pemakaian masker yang sistematis" dan "kontrol ketat pada pertemuan sosial”, tetapi dia menegaskan bahwa langkah lockdown nasional harus menjadi pilihan terakhir.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini