Wamenag: Era Revolusi Industri, Integrasi Ilmu dan Akhlak Jadi Penuntun

Vitrianda Hilba Siregar, · Senin 23 November 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 65 2314617 wamenag-era-revolusi-industri-integrasi-ilmu-dan-akhlak-jadi-penuntun-YK4ZDmJyca.jpg Revolusi industri 4.0 harus dihadapai dengan mengintegrasikan iman dan akhlak. (Foto:Shutterstock)

MANADO- Integrasi ilmu dan akhlak merupakan solusi menghadapi tantangan semakin kompleks era revolusi industri 4.0.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH. Zainut Tauhid menjelaskan hal itu saat menghadiri acara Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode II Tahun 2020 secara drive-thru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di Kampus IAIN Manado, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Dies Natalis ke-60, ITS Gelar Bussines Summit 2020

Dia mengatakan, sebagai institusi pendidikan tinggi yang lahir dari sebuah kesadaran para ulama, tokoh agama akan pentingnya sinergi antara akal dan budi, sains dan teknologi.

"Iman dan amal adalah merupakan satu keniscayaan untuk mengantarkan harkat masyarakat harkat manusia yang ditinggikan derajatnya dan ini adalah era revolusi industri 4.0,” katanya.

Baca Juga: Ada Ruang Pelayanan Pasien Gigi Bertekanan Negatif Saat Pandemi, Apa Itu?

Tauhid berharap IAIN Manado sebagai perguruan tinggi agama Islam diharapkan menjadi katalisator sekaligus dinamisator yang mampu mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya untuk memiliki pemahaman yang adil dan seimbang.

Ini demi merawat keharmonisan masyarakat dan relasi harmonis antara agama dan negara dalam konteks keindonesiaan.

“Pemahaman keagamaan yang adil dan seimbang seharusnya lebih mudah hadir pada mereka yang pernah berada dalam atmosfer lingkungan akademis yang mengutamakan dialog inklusif terukur dalam menghadapi perbedaan,” ungkapnya.

“Perguruan tinggi agama Islam mestinya mampu merawat nilai-nilai yang merupakan hakekat agama dan ilmu pengetahuan yaitu nilai-nilai yang sesungguhnya untuk kemanusiaan dan untuk menjawab permasalahan kemanusiaan,” tuturnya. (Cahya Sumirat)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini