Halo Mahasiswa, Sudah Siap Kembali Kuliah Tatap Muka Mulai 2021?

Christy Alma, Okezone · Selasa 24 November 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 65 2315001 halo-mahasiswa-sudah-siap-kembali-kuliah-tatap-muka-mulai-2021-10SzdyKlfk.jpg Proses kuliah tatap muka akan kembali dimulai pada 2021. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Proses kuliah tatap muka di kampus bakal dimulai lagi Januari 2021 di masa pandemi Covid-19.

Dunia kampus akan memasuki new normal setelah kuliah jarak jauh berjalan sekira satu tahun.

Lantas bagaimana komentar mahasiswa? Apakah mereka sudah siap, atau mana yang lebih baik tetap kuliah secara online atau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga: ITS Berhasil Ciptakan Robot Pendeteksi Ranjau Laut

Beberapa mahasiswa memberikan tanggapan positif atas keputasan pemerintah tersebut. Salah satunya pendapat yang dinyatakan oleh James Agata, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia angkatan 2018.

“Pada dasarnya pembelajaran online yang dilakukan hampir sepanjang 2020 membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi terutama di bidang internet membuahkan hasil maksimal. Dengan kata lain manusia sudah semakin melek teknologi tapi dilatarbelakangi oleh adanya paksaan atau tuntutan,” ucapnya, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Wamenag: Era Revolusi Industri, Integrasi Ilmu dan Akhlak Jadi Penuntun

James juga berpendapat pembelajaran online dapat lebih menghemat pengeluarannya. Namun dia juga tidak keberatan apabila kuliah tatap muka kembali dilakukan pada Januari 2021 namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Tetap memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat diseluruh instansi pendidikan serta adanya peran dari setiap lapisan masyarakat dan pemerintah. Nampaknya tidak akan terlalu menjadi masalah jika benar-benar ingin mengadakan pembelajaran tatap muka secara total,” katanya.

Baca Juga: Cara Supaya Jurnal Ilmiah Bisa Langsung Lolos

Berbeda dengan Ignatius Ricky, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia angkatan 2018. Ricky mengatakan, dia tidak setuju dengan keputusan Mendikbud yang akan kembali menerapkan kuliah tatap muka.

“Kalau menurut saya sih belum bisa. Keadaan yang kita alami sekarang saja masih sangat tidak stabil, lalu pemerintah tetap ingin mengambil resiko? Jadi kalau kata saya sih belum bisa,” ucapnya. (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini