Kuliah Tatap Muka Dimulai 2021, Bagaimana Kampus Menyikapinya?

Christy Alma, Okezone · Selasa 24 November 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 65 2315317 kuliah-tatap-muka-dimulai-2021-bagaimana-kampus-menyikapinya-jxNPn7qDqR.jpg Proses perkuliahan tatap muka direncanakan akan dilakukan kembali pada 2021. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Persiapan kuliah yang direncanakan pada 2021 sudah mulai dilakukan, termasuk  Kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Pemberlakuan kuliah tatap muka ini akan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara berbagai cara pencegahan Covid-19 sudah diterapkan di PNJ seperti menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di depan halaman dan tiap lantai jurusan. Kemudian, menjaga jarak, dan mewajibkan tiap dosen, staf, dan mahasiswa menggunakan masker.

Baca Juga: Halo Mahasiswa, Sudah Siap Kembali Kuliah Tatap Muka Mulai 2021?

Meskipun pencegahan sudah dilakukan sedemikian rupa, namun menurut Humas PNJ Drs. Azhmy Fawzi My, M.I. Kom mengatakan, kuliah tatap muka masih belum dapat dilakukan secara penuh dengan kondisi saat ini.

“Sepertinya sulit untuk diterapkan secara penuh sekarang, karena kekhawatiran dan waswas tertular masih besar,” ujarnya, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Trio Sekawan dari UI Kembangkan Aplikasi KRL untuk Penyandang Tuli

Azhmy menambahkan, apabila kuliah  tatap muka tetap dilakukan, paling tidak satu kelas dibagi menjadi dua.

“Satu kelas dibagi dua, karena itu mungkin tatap muka pun cuma setengahnya jam normal. Kecuali, kalau dimulainya semester ganjil depan, peluangnya lebih besar,” sebutnya.

Jawaban yang tidak jauh berbeda juga dilontarkan oleh Indah, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta angkatan 2018.“Kampus saya masih belum siap sih buat kuliah tatap muka,” kata Indah.

Indah juga mengatakan bahwa kampusnya juga masih memerlukan APD bagi para mahasiswa teknik mesin ataupun teknik sipil yang harus sering praktik di bengkel. “Meskipun hand sanitizer disediakan, tetap aja gak bisa menjamin tidak ada penularan Covid-19,” pungkasnya.

Baca Juga: Viral! Manager Lulusan S2 dan Sudah Haji Resign Jadi Tukang Balon Keliling

Sekadar diketahui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim kembali mengijinkan sekolah dan perguruan tinggi melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Hal itu disampaikanya saat konferensi pers yang diadakan pada Jumat (20/11/20) lalu. (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini