Agrowisata Terbaik di Bandung

Yaomi Suhayatmi, · Rabu 25 November 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 1 2315731 agrowisata-terbaik-di-bandung-CckfXXs8FU.jpg Foto: Dok Travelingyuk.com

JAKARTA- Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan liburan berkualitas bersama keluarga. Banyak lokasi wisata #DiIndonesiaAja yang bisa membuat pengalaman berwisata kamu lebih mengesankan. Salah satu pilihan yang paling menarik adalah dengan mengunjungi agrowisata #DiIndonesiaAja. Tak hanya bisa menikmati pemandangannya yang indah, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai aktivitas pertanian dan perkebunan.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman liburan di lokasi agrowisata, bisa mengunjungi Bandung, Jawa Barat. Bandung yang terkenal memiliki suhu yang sejuk, tidak ada habisnya untuk dieksplor. Ya, kota Bandung memiliki magnet untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Terutama bagi mereka yang ingin menyegarkan pikiran dan mengusir rasa penat dari rutinitas pekerjaan.

Sejak awal Juli 2020, agrowisata di Bandung secara bertahap mulai dibuka di beberapa tempat. Kegiatan agrowisata di Bandung juga menjalankan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability), serta menjadi kebutuhan wisatawan. Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pembukaan wisata di Jawa Barat didahulukan untuk berkonsep outdoor.

Sektor pariwisata dan kebudayaan diharuskan menerapkan protokol kesehatan. Bukan hanya wisatawan, karyawan agrowisata juga menerapkan protokol kesehatan yang sama dengan menggunakan masker, pelindung wajah, ukur suhu badan sebelum bekerja, hingga sarung tangan. Di lokasi itu juga banyak dijumpai fasilitas cuci tangan dengan sabun. Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus, kunjungan wisatawan hanya 30 persen dari kapasitas areal lokasi wisata dan penginapan hanya 50 persen dari kapasitas maksimal.

Berikut beberapa lokasi agrowisata di Bandung yang cukup menarik dan bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk kamu dan keluarga:

1. Kebun Bunga Cihideung

Sesuai dengan namanya, saat mengunjungi tempat ini, kamu akan melihat berbagai macam jenis bunga hias yang memesona. Tak hanya itu, kebun bunga Cihideung ini pun memiliki koleksi bibit buah-buahan. Terletak di Desa Cihideng, Kecamatan Parongpong, Lembang, membuat kawasan ini mudah ditemukan. Kawasan agrowisata ini diresmikan pada 1997 oleh Menteri Penerangan Harmoko. Lokasinya berada di atas lahan seluas 50 hektare. Tak hanya terdapat tanaman hias yang beranekaragam, kamu pun akan melihat koleksi tanaman hias potong. Untuk kamu yang memiliki keperluan menghias rumah, kamu bisa membeli tanaman hias di Kebun Bunga Cihideung. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu takut akan kehabisan lahan parkir, pasalnya kebun bunga Cihideung pun telah menyediakan area parkir yang luas.

 

Tourbandung.id

2. Vin’s Berry Park

Memiliki udara yang sejuk tentu memberikan nilai plus tersendiri bagi kota Bandung. Salah satunya adalah sebagai tempat yang pas untuk menanam tanaman. Kawasan agrowisata di Bandung yang satu ini pun cukup menarik, yakni Vins Berry Park. Kamu akan melihat kebun strawberry yang tumbuh subur di sini. Tempat ini pun sudah cukup terkenal sebagai tujuan study tour. Terdapat green house yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana menanam buah strawberry dengan bibit yang berasal dari California. Tak hanya itu, setiap tahun tanaman strawberry yang ada di sini pun bisa menghasilkan buah sebesar 800 gram.

3. Perkebunan Teh Sukawana Lembang

Tak hanya terkenal akan wisata Tangkuban Perahu, kota Lembang pun masih memiliki wisata yang diunggulkan, yakni terdapatnya perkebunan teh Sukawana yang ada di Lembang. Lokasinya sekitar 30 km dari pusat kota Bandung. Perkebunan teh tersebut sebagian besar merupakan milik dari PT Perkebunan Nusantara VIII. Sedangkan penamaan Sukanawa sendiri tidak lepas dari para penggiat yang perduli dengan hutan pinus. Tempat ini pun biasa digunakan oleh masyarakat khususnya para remaja untuk melakukan kegiatan outdoor. Tak hanya itu, di sini kamu pun bisa belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teh, seperti proses pengambilan daun yang baik dan kamu bisa berinteraksi langsung dengan para petani.

 

Eksplorewisata.com

4. Perkebunan Rancabali Ciwidey

Tak hanya perkebunan Sukanawa saja yang bisa kamu kunjungi, kamu pun bisa mengunjungi perkebunan Rancabali Ciwidey yang berlokasi di kecamatan Ciwidey itu sendiri sekitar 50 km dari pusat kota Bandung. Perkebunan Rancabali merupakan perkebunan khusus teh yang berada di ketinggian sekitar 1628 meter di atas lahan seluas 1550 hektar. Di kebun ini, terdapat 2 buah pabrik yakni pabrik Orthodoks dan CTC. Di sini, kamu pun bisa belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teh. Jika mengunjungi perkebunan teh Rancabali, pengunjung bukan hanya bisa menikmati sajian utama dari kebun teh, tetapi ada banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi sekaligus. Seperti wahana flying fox dan wahana permainan anak. Juga ada beberapa lokasi tempat wisata lain yang ada di sekitar, seperti kolam renang, Kawah Putih, Situ Patengang, Penangkaran Rusa Rancaupas, dan lain-lain.

5. Happy Farm Ciwidey

Happy Farm Ciwidey, objek wisata yang dibangun dengan konsep wisata edukasi keluarga, dibangun di atas lahan seluas 3 hektar. Di sini terdapat beberapa wahana, seperti Taman Kelinci, Petting Zoo, Candy House, dan lainnya. Bermain outdoor di Happy Farm sangat menyenangkan. Mengingat suhu udara juga sangat sejuk dan asri dengan berbagai tanaman hijau. Taman pun dibuat begitu cantik dengan bunga warna – warni yang indah. Anak–anak tentunya senang bermain bersama kelinci sambil memberi makan mereka. Di Taman Kelinci, pengunjung dapat memberi makan kelinci di dalam taman. Taman yang ditumbuhi rumput dengan kelinci yang berlari kesana–kemari.

Selain itu, pengunjung juga dapat memberi makan hewan lain, seperti domba. Untuk makanan domba dan kelinci sudah disediakan, jadi tidak perlu membawa dari luar Happy Farm.

 

Travelspromo.com

6. De Ranch

Wisata di Bandung ini menawarkan konsep western atau cowboy, sehingga memberikan kesan yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Kamu bisa bermain ala tunggang kuda, berfoto dengan kostum koboy yang tersedia, mengelilingi area kuda dan aktivitas lainnya. Jika kamu berlibur ke De Ranch Lembang mengajak anak anak, dijamin mereka pasti akan sangat terhibur. Apalagi konsep yang ditawarkan sangatlah berbeda dengan wisata lainnya di Bandung. Dulunya, wisata ini merupakan peternakan kuda biasa, namun karena melihat adanya potensi yang cukup besar akhirnya dikembangkan menjadi wisata keluarga. Wisata ini juga mengusung konsep koboy yang kental. Mulai dari tahun 2007, area ini mulai resmi dibuka untuk umum sebagai tempat wisata menunggang kuda. Karena banyak sekali pengunjung yang berdatangan, akhirnya sedikit demi sedikit pengelola mengembangkan fasilitas di area wisata tersebut.

Itulah beberapa kawasan agrowisata yang ada di Bandung yang menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi dan sangat pas untuk wisata keluarga. Patuhi protokol kesehatan saat mengunjungi agrowisata di Bandung, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, hingga mengecek suhu tubuh secara berkala. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai referensi wisata disini.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini