Pasien Covid-19 Melonjak, Pemkab Purbalingga Siapkan Gedung Karantina Baru

Catur Edi Purwanto, iNews · Rabu 25 November 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 512 2315689 pasien-covid-19-melonjak-pemkab-purbalingga-siapkan-gedung-karantina-baru-AL5bh7PFi0.png Pemkab Purbalingga siapkan gedung SMP Negeri 3 untuk karantina. (Foto: tangkapan layar)

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menyiapkan ruang isolasi tambahan seiring melonjaknya jumlah pasien Covid-19. Ruang isolasi yang dipersiapkan salah satunya bangunan bekas SMP Negeri 3 Purbalingga. Persiapan dikebut dengan mengerahkan ratusan tenaga dan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan lumpur.

(Baca juga: Menteri Edhy Ditangkap KPK, Ini Daftar Kekayaannya) 

Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana mengatakan, ratusan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, BNPD dan PMI dikerahkan untuk membersihkan seluruh ruangan dan memangkas pohon yang menutup bangunan. “Petugas damkar juga dikerahkan guna mempercepat proses pembersihan ruangan,” tutur Pjs Bupati Sarwa Pramana, Rabu (25/11/2020).

Gedung bekas sekolah ini, lanjut dia, memilki 45 ruang kelas dan bisa menampung 100 pasien Covid 19. Sebanyak 31 pasien Covid-19 yang saat ini dirawat di Gedung Korpri dan Puskesmas Gambarsari akan dipindah ke gedung eks SMP itu. “Pemindahan seluruh pasien Covid-19 ke gedung berlantai dua ini guna memudahkan koordinasi dan mengantisipasi kekurangan tenaga kesehatan,” tambahnya.

(Baca juga: Libur Akhir Tahun Dikurangi, SKB Tiga Menteri Direvisi)

Sebagaimana diberitakan, Jumlah pasien positif corona di Purbalingga mengalami lonjakan signifikan. Jumlah pasien positif Covid-19 sedang dirawat mencapai 477 pasien dan 27 oarang pasien positif meninggal dunia.

Ratusan pasien yang positif terpapar corona dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan dan sebagian menjalani isolasi mandiri di rumah karena sudah tidak ada lagi tempat merawat pasien covid. Tim satgas Covid-19 Pemkab Purbalingga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini