Blended Graduation Politeknik LP3I Jakarta, Memuliakan Orangtua di Era Peradaban Baru

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Rabu 25 November 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 65 2315621 blended-graduation-politeknik-lp3i-jakarta-memuliakan-orangtua-di-era-peradaban-baru-ZPYdgp46Xd.jpg Foto: Dok LP3I

JAKARTA- Politeknik LP3I Jakarta melaksanakan kegiatan wisuda dengan konsep Blended Graduation pada tanggal 2-6 November 2020 di Trans Studio Cibubur. Blended Graduation ini merupakan konsep kegiatan wisuda pertama yang ada di Indonesia, dimana 1.452 Wisudawan dan Wisudawati beserta orangtua dihadirkan secara offline dan bertahap selama 5 (lima) hari yang bertujuan untuk memuliakan orang tua di era peradaban baru, dengan memanfaatkan teknologi mendampingi putra/putri naik ke atas panggung untuk mengikuti prosesi pindah kucir, dan memberikan kesan mendalam penuh hikmat dan ketulusan dengan tetap mengikuti prosedur sesuai protokol kesehatan, kemudian prosesi wisuda ini dilanjutkan pada acara puncak, secara online dan offline pada tanggal 25 November 2020.

Menurut Wakil Direktur I (satu) Bidang Akademik Politeknik LP3I Jakarta, Bapak Akhwanul Akmal, S.P., M.Si “Blended Graduation ini sebenarnya bertujuan untuk bagaimana memuliakan orangtua, dimana proses awal wisudawan dan wisudawati 3-4 tahun yang lalu dihantarkan oleh orangtua untuk kuliah di Politeknik LP3I Jakarta, dan bagaimana di akhir kelulusan ini orang tua kembali menghantarkan putra/putrinya untuk disematkan gelar Ahli Madya secara bersama-sama menaiki panggung wisuda untuk menyaksikan prosesi pemindahan kucir tanda kelulusan.”

Di tempat yang sama, Direktur Politeknik LP3I Jakarta, Drs. Jaenudin Akhmad, M.M., M.Pd. mengatakan bahwa, learning outcome lulusan Politeknik LP3I Jakarta ada 2 (dua), yaitu bekerja sesuai dengan bidang yang diambil saat kuliah dengan berbekal kompetensi (knowledge, skill dan attitude) serta menumbuhkan jiwa kemandirian dengan menjadi seorang entrepreneur. Hal ini terbukti, di era pandemi seperti ini dari 75% lulusan 2020 Politeknik LP3I Jakarta sudah terserap di dunia kerja dan sebanyak 2% lulusan memilih berwirausaha. Politeknik LP3I Jakarta pun mengeluarkan kebijakan untuk memproses bantuan penempatan kerja para lulusan hingga bulan Desember 2020. Dikarenakan saat ini masih masa covid 19, maka Politeknik LP3I Jakarta masih memproses wisudawan dan wisudawati 2020 yang belum bekerja atau berwirausaha hingga bulan Sept 2021, untuk diberikan pembekalan dan proses penempatan kerja.

 

Pada acara puncak yang dilaksanakan tanggal 25 November 2020 diisi oleh sambutan dari Pendiri LP3I, DR. H.M. Syahrial Yusuf, S.E., M.M., M.B.A., sambutan dari Ketua Yayasan LP3I, Muh. Aghnia Syahputra, B.Buss., M.Comm., sambutan dari Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Beny Bandanadjaya, S.T.,M.T., dan sambutan dari Sekretaris Lembaga L2DIKTI Wilayah 3 (tiga) DKI Jakarta, Dr. Yaya Jakaria, S.Si., M.M. Selain itu juga ada testimoni perusahaan dari Haryanto, selaku Direktur Utama PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing, sekaligus penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) secara offline bersama dengan Agung Prayogo, S.E., selaku Senior Manager Legal, HC & GA, dan Claudia Ingkiriwang selaku Chief Business Officer Trans Studio Theme Park, dan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) secara online diantaranya PT. Sucofindo Advisory Utama, PT. Bakrie Pipe Industries, PT. Bakrie Autoparts, PT. Anugerah Ekspres Logistik, PT. Arum Nirwana Global, PT. Gandum Mas Kencana, PT. Anekatrans Persada Indonesia dan 13 perusahaan lainnya. Acara ini juga diisi dengan pengukuhan wisudawan dan wisudawati oleh Direktur Politeknik LP3I Jakarta, yang mana prosesi tersebut telah dilaksanakan melalui proses recording sebelumnya, juga ada pemberian penghargaan kepada wisudawan terbaik dari 4 (empat) Program Studi yang dilengkapi dengan acara hiburan.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini