Tips Ringkas Sukses Melewati Semester untuk Mahasiswa

Christy Alma, Okezone · Kamis 26 November 2020 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 65 2316795 tips-ringkas-sukses-melewati-semester-untuk-mahasiswa-Zay7uUGr4a.jpg Proses perkuliahan tatap muka direncanakan akan dilakukan kembali pada 2021. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Awal semester bukan waktu yang mudah bagi mahasiswa memulai perkuliahan. Apapun fakultas atau jurusan apa yang diambil, harus mengubah jam perkuliahan.

Untuk memulai suatu semester harus kembali mengatur ulang jadwal, kembali beradaptasi perubahan waktu, dan tentu harus mempelajari materi-materi baru di semester tersebut.

Apalagi dimasa pandemi seperti ini, tentu lebih sulit untuk survive di suatu semester terlebih karena harus menghadiri kuliah secara online.

Baca Juga: ITS Tambah 8 Guru Besar, Rekor Terbanyak!

Maka dari itu, inilah sedikit tips yang disusun Okezone dikutip dari hercampus pada Kamis (26/11/2020) untuk kamu mahasiswa agar sukses melewati semester.

1. Daftar Tugas

Salah satu cara mengelola waktu yang baik saat kuliah yaitu dengan membuat daftar tugas. Dengan membuat daftar tugas, kamu dapat melihat hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Daftar tugas dapat dibuat di handphone atau di notebook berukuran kecil. Selain itu, daftar tugas juga bisa membuatmu menjadi lebih bertanggung jawab karena tenggat waktu yang ada.

2.Rencana Belajar

Membuat rencana belajar dapat membantu kamu tetap pada jalur dan termotivasi untuk berhasil di kelas dan ujian. Ada beberapa rencana studi berbeda yang dapat dibuat, tetapi penting untuk membuat rencana studi yang paling sesuai untuk kamu. Jangan takut untuk mencoba beberapa metode berbeda sampai kamu menemukan metode yang paling sesuai dengan materi kelas dan gaya belajarmu.

Baca Juga: UGM Tuan Rumah Pekan Ilmiah Nasional 2020, Tetap Berjalan meski Pandemi

3.Malu Bertanya, Sesat di Jalan

Kurang paham atau tidak mengerti suatu materi adalah hal yang wajar, jadi tidak perlu gengsi atau takut untuk bertanya kepada dosen atau temanmu. Hal yang sebelumnya kurang kamu mengerti atau tidak tahu dapat terjawab dengan bertanya kepada dosen atau teman. (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini