Perlu Ada Kurikulum yang Pas untuk Peguruan Tinggi Vokasi

Vitrianda Hilba Siregar, · Jum'at 27 November 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 65 2317255 perlu-ada-kurikulum-yang-pas-untuk-peguruan-tinggi-vokasi-Xqt6vAwyIv.jpg Diskusi online pendidikan vokasi.(Foto: Okezone)

JAKARTA- Perguruan tinggi vokasi memerlukan konsep penyelarasan dengan kebutuhan di dunia usaha dunia industri.

Terkait hal maka dibutuhkan konsep atau kurikulum yang pas untuk mengaitkan dua hal tadi.

Suhadi Lili selaku Sub-Koordinator Bidang Penyelarasan PTVP Direktorat Mitras DUDI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengakui memang diperlukan kurikulum yang pas untuk perguruan tinggi vokasi.

Baca Juga: Viral Video Wisudawan Abaikan Jabatan Rektor, Netizen: Nanti Ijazah Enggak Keluar Lho

Saat ini, kata dia, sudah ada konsep Program Asesmen Kurikulum yang diinisiasi pihaknya sebagai salah satu bentuk penyelarasan perguruan tinggi vokasi dengan kebutuhan di dunia usaha dunia industri.

"Mekanisme pelaksanaan program ini di perguruan tinggi vokasi dilakukan melalui survei antara alumni dan dunia industri sebagai pemberi kerja yaitu dengan melakukan uji kompetensi setinggi-tingginya," ujarnya, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: Viral! Manager Lulusan S2 dan Sudah Haji Resign Jadi Tukang Balon Keliling

Hal ini dilakukan guna mencari perbaikan kompetensi baik dari pembelajaran, dosen maupun keahlian mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

Sehingga, kata dia, target Program Asesmen Kurikulum dapat tercapai di antaranya knowledge, dan dapat pelahan dapat mempersempit gap dalam masyarakat bahwa vokasi masih kurang bergengsi dibanding perguruan tinggi lain.

Praktisi pendidikan, Rini Amidjono, menemukan kesenjangan kompetensi yang paling banyak dikeluhkan, salah satunya bahwa untuk bisa bekerja itu harus ada orang dalam atau koneksi.

Baca Juga: ITS Tambah 8 Guru Besar, Rekor Terbanyak! 

Setelah dilakukan konfirmasi kepada pemberi kerja, bahwa dalam rekrutmen ada hal-hal yang diperlukan yang terkadang tidak ditemukan oleh para pelajar atau mahasiswa yaitu soft skill atau kemampuan.

"Seperti komunikasi, manajemen waktu, konsep memecahkan masalah, kerja sama tim dan pengelolaan keuangan yang ada pada vokasi,” ujarnya. (Ant)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini