Live di iNews Malam Ini Pukul 19.30 WIB: Debat Pilkada Palu, Perempuan Berebut Kota 5 Dimensi

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 28 November 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 340 2317972 live-di-inews-malam-ini-pukul-19-30-wib-debat-pilkada-palu-perempuan-berebut-kota-5-dimensi-vvhLq0mJ2g.jpeg foto: ist

JAKARTA - Masyarakat Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, ikut dalam pesta demokrasi di tengah pandemi. Ada empat paslon wali kota dan wakil wali kota Palu yang siap bertarung memperebutkan pemuncak kota berjuluk Kota 5 Dimensi tersebut.

(Baca juga: iNews Sore Hari Ini Pukul 16.00: Jerat Lobster Menteri Edhy Prabowo)

Dari empat pasangan calon ada 3 perempuan, 1 calon wali kota dan 2 calon wakil wali kota. Keempat pasangan kembali beradu gagasan dan program dalam debat ketiga yang akan di selenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Palu pada hari Sabtu (28/11/2020) pukul 19.30 WIB atau 20.30 WITA

"Sinergi Pembangunan Pusat dan Daerah dalam Memperkokoh NKRI" menjadi tema dalam debat ketiga di siarkan langsung melalui stasiun televisi iNews, aplikasi RCTI+, dan streaming media sosial KPU Kota Palu. Debat akan dipandu moderator Aprilia Putri.

Masing -masing pasangan calon nantinya mendapat kesempatan untuk mempertajam visi misinya dalam sesi debat persegmen yang telah diramu oleh tim pakar sesuai dengan tema yang diusung.

Pasangan calon nomor urut 1 Aristan -M. Wahyuddin akan menawarkan program, visi dan misinya. Visi mereka ialah Kota Palu baru yang demokratis religius dan misi, di antaranya, mewujudkan birokrasi baru yang berbasis kinerja, responsibilitas, prioritas, akuntabilitas dan transparansi. Juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang religius, progresif dan profesional.

Adapun pasangan calon nomor urut 2 Hadianto Rasyid - Reny A. Lamadjido akan menawarkan visi membangun Palu yang mandiri aman dan nyaman, tangguh serta profesional dalam konteks pembanguan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan. Misinya ialah membangun perekonomian yang mandiri dan siap bersaing dalam perkembangan ekonomi regional dan global serta membangun kembali tatanan lingkungan yang aman dan nyaman dengan dukungan infrastruktur yang berketahanan terhadap bencana.

Dan, mengembangkan sumber daya manusia yang tangguh menghadapi perkembangan global dan mampu beradaptasi terhadap bencana dan Covid-19 serta menciptakan pemerintahan yang profesional dan selalu hadir melayani.

Sementara pasangan calon nomor urut 3 Hidayat - Habsa Yanti Ponulele akan menyorongkan visi Palu sebagai kota destinasi berbudaya dilandasi iman dan takwa. Misinya ialah dengan pengembangan dan penguatan sistem informasi potensi sumber daya Kota Palu berbasis GIS untuk penguatan birokrasi pemerintahan yang rasional efesien dan berbasis kinerja. Kemudian, penguatan karakter potensi sumber daya manusia yang berdaya saing untuk pembangunan yang berkelanjutan dan perketahanan serta tanggap terhadap bencana alam dan non alam. Begitu pula dengan penguatan kelurahan inovasi unggul dan mandiri dan penguatan infrastruktur kota berbasis wisata serta internalisasi nilai-nilai budaya bangsa berbasis iman dan takwa.

Dan pasangan calon nomor urut 4 Imelda Liliana Muhidin - Arena JR Parampasi ingin mewujukan Kota Palu yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadaban sebagai visi mereka. Misi paslon ini ialah pemerintah yang berorientasi melayani, inovatif dan berkeadaban, peningkatan infrastruktur yang berkualitas dan aksesibel.

Selain itu, pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang produktif, pembangunan manusia yang kompetitif dan inklusif. Juga, meningkatkan produktifitas dan daya saing produk SDA yang berkelanjutan.

KPU Kota Palu berharap pelaksanaan debat ketiga dapat menjadi referensi bagi pemilih untuk menentukan siapa Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk memimpin kota dengan lanskap lengkap meliputi lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk tersebut.

Saksikan keseruan debat publik ketiga Sabtu, 28 November pukul 19.30 WIB dan 20.30 WITA secara langsung hanya di iNews dan juga bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini