RS Penuh Pasien Covid-19, Dinkes Cimahi Tambah Tempat Tidur di Ruang Isolasi

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 01 Desember 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 525 2319629 rs-penuh-pasien-covid-19-dinkes-cimahi-tambah-tempat-tidur-di-ruang-isolasi-hxqlrCj1UA.JPG Kadinkes Kota Cimahi Pratiwi (Foto: Dok. Sindonews)

CIMAHI - Rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 di Kota Cimahi saat ini kondisinya sudah penuh akibat terus bermunculannya kasus positif baru. Oleh sebab itu, rumah sakit diminta untuk menambah daya tampung bed di ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

"Rumah sakit rujukan kondisinya sudah banyak yang penuh, termasuk RSUD Cibabat. Makanya kami sedang siapkan opsi untuk menambah daya tampung," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi, Selasa (1/12/2020).

Pihaknya sedang menganalisa untuk pengadaan ruang isolasi ini apakah menyiapkan bangunan baru, memanfaatkan ruang rawat di puskesmas, atau melakukan sewa bangunan. Untuk RSUD Cibabat akan fokus kepada ruang isolasi bagi pasien zona merah.

Sementara untuk beberapa rumah sakit lainnya, ada yang penambahan ruang isolasi untuk pasien gejala ringan terutama zona hijau dan kuning. Opsi yang paling memungkinkan adalah mengoptimalkan bangunan yang ada, walaupun bisa saja menyiapkan bangunan baru.

Menurutnya, di Kota Cimahi terdapat dua rumah sakit rujukan Covid-19, di antaranya RSUD Cibabat dan RS Dustira. Sementara rumah sakit lain seperti RS Mitra Kasih, RS Kasih Bunda, RS Avicena, bisa menjadi rujukan namun hanya menyediakan ruang perawatan Covid-19 untuk kategori zona hijau.

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat Reri Marliah mengakui, sedang melakukan proses penambahan kapasitas daya tampung pasien Covid-19. Syaratnya cukup ketat, karena harus memenuhi standar tata ruang dan ventilasi dalam penanganan kasus Covid-19.

Saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Cibabat mencapai 38 orang. Mereka tersebar di ruang ICU 2 dewasa dan 1 anak, di zona kuning 9 dewasa dan 3 anak, serta di zona hijau dengan 22 dewasa, 2 anak, dan kebidanan 3 orang.

"Kami berharap bisa menambah kapasitas isolasi kasus Covid-19 sampai 70 bed. Itu sudah dikoordinasi dengan Dinkes Provinsi Jabar maupun Dinkes Kota Cimahi," tuturnya. adi haryanto

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini