Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia Dituntut Punya Lulusan Berdaya Saing Internasional

Christy Alma, Okezone · Selasa 01 Desember 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 65 2319367 perguruan-tinggi-vokasi-indonesai-dituntut-punya-lulusan-berdaya-saing-internasional-gBjF7J27nU.jpg Foto Ilustrasi. (Shutterstocok)

JAKARTA – Perguruan tinggi vokasi Indonesia diharapkan menjadi World Class Vocational Higher Education.

Dengan begitu dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya berdaya saing nasional tetapi juga internasional.

Hal ini menjadi kesimpulan saat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) webinar internasional dengan tema “Pursuing World-Class Vocational Higher Education Through International Academia-Industry Collaboration,” diadakan secara daring di akun Youtube resmi PNJ.

Baca Juga: Hati-Hati Bermedia Sosial Sekarang Sudah Ada Artificial Intelligence Buatan UI

Isu yang diangkat dalam webinar ini adalah tentang upaya perguruan tinggi vokasi di Indonesia menjadi World Class Vocational Higher Education untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berdaya saingnasional tetapi juga internasional.

Pakar Akademik Nasional, Direktur Sistem Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia Prof. Paulina Pannen mengatakan, sangat mungkin perguruan tinggi vokasi di Indonesia menjadi World Class Vocational Higher Education.

Baca Juga: UGM Jawara PIMNAS 3 Kali Berturut-Turut

Namun sebaiknya perguruan tinggi vokasi di Indonesia memperkuat perannya terlebih dahulu di dalam negeri dan menjalin lebih banyak kerja sama.

"Ini karena pendidikan vokasi menjadi salah satu tulang punggung kemajuan Indonesia,” ujar Prof. Paulina Pannen yang dikutip dari laman youtube PNJ, Selasa (1/12/20).

PNJ akan terus mengadakan webinar internasional kedepannya dengan mengangkat bidang-bidang strategis dan terapan yang mendukung tercapainya lulusan yang berdaya saing.

Webinar ini tidak hanya menjadi media pembelajaran bagi PNJ, tetapi juga untuk mengedukasi masyarakat umum dalam berbagai isu menuju Indonesia maju.

Pada seminar kali ini, PNJ juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu Prof. Jen-Chou Hsiung selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin, Universitas Cheng Shiu, Prof. Ying-Huei Chen selaku Dekan Sekolah Tinggi Internasional Universitas Asia). (Uck)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini