Share

Serahkan Surat Kepercayaan, Heri Akhmadi Resmi Bertugas Sebagai Dubes RI untuk Jepang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 18 2320282 serahkan-surat-kepercayaan-heri-akhmadi-resmi-bertugas-sebagai-dubes-ri-untuk-jepang-OMNHHtqjpp.jpeg Dubes Heri Akhmadi menyerahkan salinan Surat Kepercayaan kepada Wakil Menteri LUar Negeri Jepang Akiba Takeo, Tokyo, 1 Desember 2020. (Foto: KBRI Tokyo)

TOKYO - Duta Besar Heri Akhmadi secara resmi menyerahkan salinan Surat Kepercayaan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Jepang, Akiba Takeo mewakili Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi pada Selasa, (1/12/2020). Penyerahan salinan Surat Kepercayaan itu dilakukan di Kantor Kementerian Luar Negeri Jepang.

Penyerahan salinan Surat Kepercayaan ini menandai dimulainya tugas resmi sebagai Dubes LUar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) di Jepang merangkap Negara Federasi Micronesia. Sebagai puncak prosesi, Dubes Heri dijadwalkan menyerahkan Surat Kepercayaan asli kepada Kaisar Naruhito pada pertengahan Desember 2020.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Lantik 12 Duta Besar Luar Biasa RI

“Alhamdulillah, tadi prosesnya lancar, semoga ini jadi awal yang baik untuk memperkuat kemitraan strategis antara Indonesia dan Jepang” kata Dubes Heri Akhmadi dalam pernyataannya usai penyerahan salinan Surat Kepercayaan.

Prosesi penyerahan diawali dengan pertemuan antara Dubes Heri Akhmadi dengan Deputi Kepala Protokol Kemlu Jepang, Fujita Shiya. Dubes Heri Akhmadi didampingi oleh Wakil Duta Besar Tri Purnajaya dan Minister Counsellor Fungsi Politik KBRI Tokyo, Andi Ardiansyah.

Penyerahan salinan Surat Kepercayaan kepada Wakil Menlu Jepang berlangsung khidmat dan diakhiri dengan foto bersama.

Upacara penyerahan Surat Kepercayaan ini merupakan acara resmi pertama yang dilaksanakan oleh Dubes Heri usai menjalani karantina mandiri selama 14 hari sejak tiba di Jepang pada Senin, (15/11/2020).

BACA JUGA: Cerita Pertemuan Sekjen PDIP dengan Menteri Jepang, Mulai dari Revolusi Mental hingga Pelurusan Sejarah

Lahir di Ponorogo, 1 Januari 1953, Dubes Heri Akhmadi adalah politikus senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPR RI pada 2009 – 2014.

Kepala Perwakilan RI Tokyo ini lulus dari Institut Teknologi Bandung pada 1982, dianugerahi beasiswa Hubert H. Humphrey pada School of Internasional Service, American University pada 1989-1990. Beliau menikah dengan Nuning Wahyuniati serta dikaruniai dua orang putra dan putri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini