Menteri Nadiem Lengkapi Protokol Kesehatan 3M dalam 77 Bahasa Daerah

Christy Alma, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 65 2320084 menteri-nadiem-lengkapi-protokol-kesehatan-3m-dalam-77-bahasa-daerah-Y2XUZ0Fi06.jpg Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. (Foto:Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meluncurkan pedoman perubahan perilaku protokol kesehatan 3M dalam 77 bahasa daerah secara daring.

Selain dihadiri oleh Mendikbud, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo serta dimoderatori oleh Kepala Badan Bahasa, Kemendikbud, E. Aminudin Aziz pada Selasa (1/12/2020) dan siarkan Channelyoutube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, BNPB Indonesia, dan Lawan Covid ID.

Baca Juga: Ada Gareng dan Petruk di Game Punakawan Z Buatan Anak Bangsa

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa kampanye pencegahan penyebaran covid-19 masih perlu ditingkatkan lagi agar semakin mudah dipahami oleh masyarakat, antara lain karena bahasa yang terlalu tinggi dan rumit.

“Tantangan komunikasi dan sosialisasi publik ini harus dapat cepat diatasi mengingat pentingnya konten kampanye pencegahan penyebaran covid-19 bagi keselamatan masyarakat sehingga strategi mengubah pesan-pesan itu ke dalam bahasa yang paling dekat dengan masyarakat yaitu bahasa daerah masing-masing dirasa sangat tepat.” ujar Nadiem.

Baca Juga: Menginspirasi, Guru SLB Ini Tetap Semangat Mengajar Meskipun Memiliki Kekurangan Fisik

Dia juga mengatakan bahwa bahasa daerah sebagai bahasa ibu adalah sarana yang dapat mendekatkan pesan secara lebih emosional kepada para penuturnya.

“Saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas inisiatif yang diambil oleh Kepala Badan Bahasa bekerja sama dengan tim satgas penanganan covid ini,” pungkas Nadiem. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini