IPB Berhasil Temukan Vaksin Meningkatkan Kekebalan Ikan dari Isolat Lokal

Christy Alma, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 65 2320483 ipb-berhasil-temukan-vaksin-meningkatkan-kekebalan-ikan-dari-isolat-lokal-xRWc3ohowb.jpg Guru Besar IPB University Prof. Sukenda. (Foto: IPB University)

JAKARTA – Tim peneliti  IPB University berhasil mengembangkan vaksin ikan dari isolat lokal. Vaksin tersebut mampu meningkatkan kekebalan ikan terhadap infeksi patogen.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof. Sukenda mengatakan, vaksin ikan ini dibuat dari isolat lokal untuk budidaya akuakultur.

Baca Juga: Kuliah di Jurusan Kriminologi Bukan Seperti Jadi Detektif

Vaksin tersebut mampu meningkatkan kekebalan ikan terhadap infeksi patogen."Pengembangan vaksin ikan adalah tugas yang menantang, diantaranya karena beragamnya jenis penyakit dan spesies ikan budidaya, dengan tingkat keunikan dan kerentanan ikan terhadap setiap penyakit yang juga berbeda-beda," katanya dikutip dari laman IPB University, Rabu (2/12/2020).

Prof. Sukenda menjelaskan metode infiltrasi hiperosmotik yang dikembangkan merupakan modifikasi dari metode perendaman untuk mengefektifkan pemberian vaksin.

Baca Juga: Buat Portable Fish Storage, UI Sabet Medali Emas di Ajang Bergengsi Internasional

Metode ini dilakukan dengan menggunakan media yang dibuat hipertonik dari tubuh ikan dengan memberikan kejutan salinitas sehingga jumlah vaksin yang diserap lebih banyak,” ujar Sukenda.

Dia juga menambahkan bahwa hasil penelitian menunjukkan vaksinasi ikan nila secara infiltrasi hiperosmotik dengan kejutan salinitas sampai 20 gram per liter selama lima menit mampu meningkatkan proteksi ikan terhadap serangan bakteri S. agalactiae.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini